PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TEKNIK COUPLE CARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GERAK

  • MELAN WAHYUNI
  • HAINUR RASID ACHMADI

Abstract

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) teknik couple card untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X di SMAN 1 Kamal pada tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif pre-experimental design, one group pretest posttest.Penelitian ini menggunakan satu kelas eksperimen dan dua kelas replikasi.Instrument yang digunakan adalah lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran.Hasil pengamatan keterlaksanaan pembelajaran dianalisis dengan menghitung persentase data yang diperoleh, kemudian dikonversikan ke dalam kriteria penilaian keterlaksanaan pembelajaran. Hasil yang diperoleh yaitu rata-rata keterlaksanaan pada kelas eksperimen 1 pada pertemuan pertama sebesar 92 % dan pada pertemuan kedua sebesar 91%, pada kelas replikasi 1 sebesar 91% pada pertemuan pertama dan 94% pada pertemuan kedua, dan pada kelas replikasi 2 pada pertemuan pertaman sebesar 90%, pada pertemuan kedua sebesar 93%. Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe teams games tournament (TGT) teknik couple card pada materi Hukum Newton tentang Gerak kelas X di SMAN 1 Kamal di kelas eksperimen 1, kelas replikasi 1, dan kelas replikasi 2 terlaksana dengan kategori sangat baik.

Kata Kunci: Keterlaksanaan pembelajaran, Kooperatif TGT, couple card.

Abstract

This research aims to describe accomplishment learning activities cooperative learning type Teams Games Tournament (TGT) with couple card to increase student learning outcomes of class X students at SMAN 1 Kamal in the 2018/2019 school year. The type of research used is quantitative research pre-experimental design one-group pretest posttest. This research use 1 experiment class and 2 replication classes. The instrument used is the observation sheet of accomplishment learning activities. The result of observation is analyzed by calculating the percentage of data obtained, and than it is converted to the assessment criteria for accomplishment learning activities. The result of accomplishment learning activities in experiment class is 92% and 91%, in replication 1 is 91% and 90%, and than in replication 2 is 90% and 93%. Based on the result, it can be conclude that the implementation of cooperative learning type TGT with couple card on Newton’s Law of motion material in X class at SMAN 1 Kamal on experiment 1 class, replication 1 class, and replication 2 class carried out well.

Keyword: Accomplishment learning activities, cooperative type TGT, couple card.

Published
2019-07-10
Section
Articles
Abstract Views: 61
PDF Downloads: 52