Efektivitas Buku Saku Berbasis Augmented Reality Pada Materi Gerak Planet Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik SMA

  • HANDAL SETYO IBISONO
  • HAINUR RASID ACHMADI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan buku saku berbasis Augmented Reality untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE dan dilakukan pada 30 peserta didik kelas X MIA di SMAN 11 Surabaya pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020 menggunakan one group pretest-posttest design. Metode penelitian yang digunakan adalah tes pilihan ganda melalui pretest-posttest dan hasil yang diperoleh dianalisis menggunakan N-gain untuk melihat peningkatan prestasi belajar peserta didik. Hasil pretest dan posttest yang telah dianalisis menggunakan N-gain dan disesuaikan berdasarkan tabel kriteria N-gain tersebut digunakan untuk melihat keefektifan buku saku berbasis Augmented Reality. Buku saku berbasis Augmented Reality dinyatakan efektif meningkatkan prestasi belajar peserta didik apabila hasil analisis N-gain sebesar ≥ 0,3 dengan kategori minimum sedang. Berdasarkan hasil penelitian, analisis data pretest-posttest peserta didik yang diperoleh terdistribusi normal dan hasil analisis N-gain pretest-posttest seluruh peserta didik sebesar 0,63 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa buku saku berbasis Augmented Reality pada materi gerak planet yang digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik SMA dinyatakan efektif.

Kata kunci: Buku saku, Augmented Reality, prestasi belajar.

Published
2020-06-19
Section
Articles
Abstract Views: 182
PDF Downloads: 382