Studi Literatur Pemanfaatan  Interactive Multimedia Related To Real Life Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik

  • MUHAMAD NUR MAJID
  • HAINUR RASID ACHMADI

Abstract

Abstrak

Interactive multimedia related to real life merupakan multimedia interaktif yang menggabungkan elemen visual, audio, dan narasi ke dalam bentuk media interaktif berisikan materi, konsep, serta contoh fenomena fisika di kehidupan nyata untuk menunjang proses pembelajaran. Sehingga dengan adanya Interactive multimedia related to real life peserta didik akan terbantu untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan pengaruh multimedia interaktif berbasis kehidupan nyata terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan tahapan meliputi koleksi data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah data sekunder, yaitu data yang dikumpulkan secara tidak langsung terhadap objek yang sedang diteliti berupa sejumlah jurnal nasional dan internasional yang dapat dipertanggungjawabkan. Pemilihan artikel pada penelitian ini disaring menggunakan kata kunci; multimedia interaktif, kehidupan nyata, pemahaman konsep, serta berpikir kritis. Sehingga dalam penelitian ini ditelaah 30 dari 106 artikel yang dapat dipertanggungjawabkan baik nasional maupun internasional. Hasil penelitian menyatakan multimedia interaktif yang terintegrasi dengan visualisasi fenomena fisika disertai audio dan narasi membuat peserta didik mudah untuk mengingat dan memahami konsep fisika yang sulit dibayangkan, dilihat, maupun dirasakan di kehidupan nyata. Berdasar hasil dan pembahasan interactive multimedia related to real life efektif meningkatkan motivasi, membangun konsep, serta meningkatkan keterampilan berfikir kritis peserta didik.

Kataikunci: Multimedia interaktif, Kehidupan nyata, Berpikir kritis

Abstract

Interactive multimedia related to real life is an interactive multimedia that combines visual, audio, and narrative elements into an interactive media form containing materials, concepts, and examples of real-life physics phenomena to support the learning process. So that with the presence of Interactive multimedia related to real life learners will be helped to improve the skills of critical thinking. The goal in this study is to describe the influence of real-life interactive multimedia based on the improvement of students critical thinking skills. This research uses a qualitative method of descriptive with stages including data collection, data reduction, data display, and withdrawal of conclusions or verification. Data collection technique is secondary data, which is data collected indirectly to objects that are being researched in the form of a number of national and international journals that can be accounted for. The selection of articles on this research is filtered using keyword; interactive multimedia, real life, understanding concepts, as well as critical thinking. Thus in this research study 30 of 106 articles that can be accounted for both national and international. The results of the study expressed interactive multimedia integrated with the visualization of physics phenomenon accompanied by audio and narrative, making learners easy to remember and understand the concept of physics that is difficult to imagine, seen, or felt in real life. Based on the results and discussion of interactive multimedia related to real life effectively increase motivation, build concepts, and improve the critical thinking skills of learners.

Keywords: Interactive Multimedia, Real Life, Critical thinking
Published
2020-07-06
Section
Articles
Abstract Views: 69
PDF Downloads: 197