PENERAPAN PEMBELAJARAN KOLABORATIF DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA

  • INAS AMANIA
  • HAINUR RASID ACHMADI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kolaboratif dengan menggunakan model pembelajaran diskusi terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan true experimental design dengan sampel penelitian yaitu peserta didik yang terdiri dari satu kelas eksperimen (X-A3) dan satu kelas kontrol (X-A4) SMA Negeri 1 Driyorejo. Penelitian menunjukkan hasil sebagai berikut. (1) Hasil analisis uji normalitas diperoleh X2hitung sebesar 9,7778, Sedangkan untuk X2tabel didapatkan hasil sebesar 11,070. Karena X2hitung<X2tabel , maka dengan demikian kedua sampel berasal dari populasi yang terdistribusi normal. Kemudian untuk uji homogenitas didapatkan Fhitung hasil perhitungan pada nilai pre-test 2.28, post-test 1.37 dan tes kinerja 1.03, sedangkan untuk Ftabel diperoleh hasil sebesar 4,02. Karena Fhitung<Ftabel , maka dengan demikian hipotesis Ho diterima, jadi dapat disimpulkan bahwa sampel yang digunakan merupakan homogen. (2) Dari pengisian angket respon siswa, diketahui bahwa dengan pembelajaran kolaboratif siswa merasa bahwa pembelajaran yang diberikan menyenangkan dan dalam pembelajaran ini siswa merasa telah bekerja keras untuk mencapai hasil yang diharapkan, melalui pembelajaran ini siswa merasa termotivasi untuk meningkatkan hasil belajarnya.

Kata kunci: Pembelajaran Kolaboratif, Model Pembelajaran Diskusi, Hasil Belajar Siswa

Abstract

This study aims to determine the effect of collaborative learning by using discussion learning models on student learning outcomes. This study uses true experimental design with a sample of research, namely students consisting of one experimental class (X-A3) and one control class (X-A4) Driyorejo 1 Public High School. Research shows the following results. (1) The results of the analysis of the normality test obtained X2hitung is 9.7778, while for X2tabel the results are 11.070. Because X2hitung<X2tabel, then both samples come from populations that are normally distributed. Then for the homogeneity test obtained Fhitung calculation results in the pre-test value 2.28, post-test 1.37 and performance test 1.03, while for Ftabel results obtained at 4.02. Because Fhitung<Ftabel, then the hypothesis is accepted, so it can be concluded that the sample used is homogeneous. (2) From filling the student response questionnaire, it is known that with collaborative learning students feel that the learning provided is fun and in this learning students feel they have worked hard to achieve the expected results, through this learning students feel motivated to improve their learning outcomes.

Keywords: Collaborative Learning, Discussion Learning Model, Student Learning Outcomes.

Published
2019-06-25
Section
Articles
Abstract Views: 65
PDF Downloads: 58