PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI HUKUM NEWTON

Authors

  • SULISTYOWATININGSIH
  • HAINUR RASID ACHMADI

Abstract

Tujuan penelitian adalah menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis inkuiri terbimbing untuk melatihkan keterampilan proses sains yang layak (valid, praktis dan efektif). Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) dengan subjek penelitian 33 peserta didik di kelas X MIA SMAN 1 Bangsal. Teknik pengumpulan data yaitu lembar tes, observasi dan angket. Validitas ditinjau hasil validasi LKPD, kepraktisan ditinjau dari keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas peserta didik, dan keefektifan ditinjau dari keterampilan proses sains dan respon peserta didik. Hasil penelitian 1) validitas berkategori valid (87%). 2) Kepraktisan berkategori sangat praktis ditinjau dari keterlaksanaan pembelajaran (95%) dan aktivitas peserta didik (92%). 3) keefektifan berkatagori sangat efektif ditinjau dari keterampilan proses sains melalui uji N-gain berkategori sedang (0,64 ) dan respon peserta didik berkategori sangat baik (98%). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik yang dikembangkan layak digunakan untuk melatihkan keterampilan proses sains.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

20-12-2018

How to Cite

SULISTYOWATININGSIH, & RASID ACHMADI, H. (2018). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI HUKUM NEWTON. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 8(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/26359

Issue

Section

Articles
Abstract views: 146 , PDF Downloads: 91

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>