PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS PICTORIAL RIDDLE UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Authors

  • ILMA HAFIDZA
  • DWIKORANTO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, minat, dan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis pictorial riddle. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Arosbaya dengan sampel sebanyak tiga kelas dengan satu kelas eksperimen dan dua kelas replikasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, angket dan tes. Berdasarkan uji normalitas dan homogenitas soal pre-test dan post-test didapatkan kelas eksperimen, kelas replikasi 1 dan kelas replikasi 2 terdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Keterlaksanaan pembelajaran tiap kelas dinyatakan terlaksana dengan sangat baik; 2) Berdasarkan analisis n-gain terdapat peningkatan minat belajar peserta didik dalam kategori rendah di setiap kelasnya; 3) Berdasarkan uji t berpasangan dan analisis n-gain hasil belajar peserta didik setiap kelasnya meningkat secara signifikan dalam kategori sedang. Berdasarkan hal di atas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis pictorial riddle dapat meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik.
Kata kunci: Inkuiri terbimbing, Pictorial riddle, Minat, Hasil belajar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

06-05-2019

How to Cite

HAFIDZA, I., & DWIKORANTO. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS PICTORIAL RIDDLE UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 8(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/27392

Issue

Section

Articles
Abstract views: 70 , PDF Downloads: 72

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>