PROFIL PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA SUB MATERI GERAK JATUH BEBAS DENGAN MENGGUNAKAN FOUR TIER DIAGNOSTIC TEST

Authors

  • PUJI RAHAYU
  • EKO HARIYONO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil penguasaan konsep siswa pada sub materi gerak jatuh bebas dengan menggunakan four tier diagnostic test. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan mix method tipe embedded. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Kedungadem, Bojonegoro, Jawa Timur pada semester genap tahun ajaran 2018/2019 dengan subjek penelitian 50 siswa kelas x. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis profil penguasaan konsep siswa pada sub materi gerak jatuh bebas yang diperoleh dengan mengacu pada kombinasi jawaban four tier diagnostic test. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mengalami miskonsepsi dengan persentase 40,67%. Hasil penelitian menunjukkan siswa juga mengalami paham sebagian konsep sebesar 26,67%, tidak paham konsep sebesar 16,67%, tidak dapat dikodekan sebesar 0,67%, serta paham konsep sebesar 15,33%. Faktor penyebab miskonsepsi yang dialami siswa adalah rendahnya pemahaman konsep siswa serta penggunaan metode mengajar guru yang tidak tepat. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa profil penguasaan konsep siswa pada sub materi gerak jatuh bebas tertinggi adalah pada kategori miskonsepsi.

Kata kunci : profil penguasaan konsep siswa, four tier dagnostic test, gerak jatuh bebas






Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

27-05-2019

How to Cite

RAHAYU, P., & HARIYONO, E. (2019). PROFIL PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA SUB MATERI GERAK JATUH BEBAS DENGAN MENGGUNAKAN FOUR TIER DIAGNOSTIC TEST. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 8(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/27791

Issue

Section

Articles
Abstract views: 186 , PDF Downloads: 182

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>