EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN FISIKA TERINTEGRASI DENGAN AKSI IKLIM PADA PRINSIP SDGs (SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS) DALAM MENINGKATAKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN

  • MARDIYANTI HARTATI
  • EKO HARIYONO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kefektifan pembelajaran fisika yang diintegrasikan dengan aksi iklim pada prinsip SDGs dalam meningkatkan karakter peduli lingkungan. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi pemanasan global karena sangat relevan dengan prinsip SDGs. Penelitian ini termasuk dalam kuantitatif deskriptif yang menggunakan metode quasi experimental design dengan desain Non-equivalent control group design. Siswa kelas XI SMAN 4 Probolinggo dipilih peneliti menjadi subjek penelitian karena wilayah yang dekat dengan pesisir dan memiliki dampak besar dari terjadinya perubahan iklim. Hasil belajar siswa diolah secara matematis menggunakan uji non parametik dan uji n-gain yang kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Pada capaian SDGs untuk aksi iklim dianalisis menggunakan skala likert dari indikator kesadaran menjaga lingkungan dalam lembar angket respon siswa. Melalui pembelajaran yang dirancang peneliti, diketahui bahwa siswa lebih aktif untuk ikut andil dalam menjaga lingkungan dalam pembelajaran dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Efektifitas pembelajaran kelas eksperimen memiliki nilai n-gain sebesar 0.71 dan termasuk dalam kategori tinggi, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0.56 termasuk dalam kategori sedang. Melalui penelitian yang telah diberikan siswa mampu memberikan gagasannya untuk mengurangi dampak perubahan iklim dengan peningkatan kesadaran menjaga lingkungan sebesar 90.83%. Adanya terobosan baru untuk mengembangkan pengintegrasian prinsip SDGs dengan materi fisika yang relevan lainnya perlu dilakukan, agar semakin banyak tujuan SDGs yang tercapai.

Kata Kunci : Sustainable Development Goals (SDGs), Integrasi Pembelajaran Fisika, Aksi Iklim

Published
2020-07-03
Section
Articles
Abstract Views: 381
PDF Downloads: 505