Penerapan Kecakapan Akademik (Academic Skill) dalam Model Pembelajaran Penemuan ‎Terbimbing (Guided Discovery) pada Materi Kalor Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA ‎Khadijah Surabaya

Authors

  • Septi Lilis Suryani
  • Eko Hariyono

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang penerapan kecakapan akademik (academic skill) dalam model pembelajaran penemuan terbimbing (guided discovery) terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa, kecakapan akademik siswa, serta respon siswa terhadap penerapan kecakapan akademik dalam model pembelajaran penemuan terbimbing pada kegiatan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif pra-experimental design dengan desain penelitian one group pretest posttest design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Khadijah Surabaya yang berjumlah lima kelas, sampel penelitian terdiri dari dua kelas experimen (X-2 dan X-3) dan satu kelas kontrol (X1). Data yang diperoleh adalah hasil pre-test, post-test, dan skor kecakapan akademik, selanjutnya data tersebut dianalisis dengan statistik yang terdiri dari uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis. Dari analisis uji-t satu pihak diperoleh nilai thitung pada kelas eksperimen I = 7,993; eksperimen II = 9,064, adapun pada daftar distribusi t(1-0,05))(68)= 1,671. Nilai thitung>ttabel dengan kriteria pengujian –t(1-½α)(dk)<t< t(1-½α)(dk), didapatkan bahwa hasil belajar kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol, Berdasarkan hasil pengamatan kecakapan akademik siswa yang terkait dengan keterampilan mengidentifikasi variabel, menghubungkan variabel, dan melakukan percobaan memperoleh kriteria baik, sedangkan keterampilan merumuskan hipotesis memperoleh kriteria cukup. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan kecakapan akademik (academic skill) dalam model pembelajaran penemuan terbimbing (guided discovery) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Khadijah Surabaya pada materi kalor.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

20-04-2025

How to Cite

Suryani, S. L., & Hariyono, E. (2025). Penerapan Kecakapan Akademik (Academic Skill) dalam Model Pembelajaran Penemuan ‎Terbimbing (Guided Discovery) pada Materi Kalor Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA ‎Khadijah Surabaya. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 1(1), 314–320. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/399

Issue

Section

Articles
Abstract views: 182 , PDF Downloads: 322

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>