PENERAPAN KECAKAPAN AKADEMIK (ACADEMIC SKILL) DALAM MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING (GUIDED DISCOVERY) PADA MATERI KALOR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA KHADIJAH SURABAYA

  • SEPTI Lilis LILIS SURYANI

Abstract

Had been done research about implementation of academic skill in learning model of guided discovery to student’s outputs. The research to describe the learning outputs, academic skill of student, and also to describe student’s response to implementation of academic skill in model of guided discovery. The research is quantitive research pre-experimental design with one group pretest posttest design. The population of research is all the students class X senior high school Khadijah Surabaya wich consisted of five classes, sample of research consisting of two classes of experiment (X-2 and X-3) and one class of control (X-1). The data result is pretest, posttest, and academic skill score, then analyzed with the normality, homogenity, and hypothesis. From the analyze of t-test one parties obtained t­calculate of experiment class I = 7,993; experiment class II = 9,064, with ttable = 1,671. The value of tcalculate>ttable obtained that the outputs of experiment class is better than control class. Based on research about academic skill of student there are identify of variable, conect of variable, and do experiment had good citeria, make hipothesis skill had enough criteria. The conclusion that implementation of academic skill in learning model of guided discovery give a good student outputs of class X senior high school Khadijah Surabaya with subject matter of heat.

Key Words : academic skill, guided discovery, learning output, heat

Abstrak. Telah dilakukan penelitian tentang penerapan kecakapan akademik (academic skill) dalam model pembelajaran penemuan terbimbing (guided discovery) terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa, kecakapan akademik siswa, serta respon siswa terhadap penerapan kecakapan akademik dalam model pembelajaran penemuan terbimbing pada kegiatan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif pra-experimental design dengan desain penelitian one group pretest posttest design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Khadijah Surabaya yang berjumlah lima kelas, sampel penelitian terdiri dari dua kelas experimen (X-2 dan X-3) dan satu kelas kontrol (X-1). Data yang diperoleh adalah hasil pre-test, post-test, dan skor kecakapan akademik, selanjutnya data tersebut dianalisis dengan statistik yang terdiri dari  uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis. Dari analisis uji-t satu pihak diperoleh nilai thitung pada kelas eksperimen I = 7,993; eksperimen II = 9,064, adapun pada daftar distribusi t(1-0,05))(68)= 1,671. Nilai thitung>ttabel dengan kriteria pengujian –t(1-½α)(dk)<t< t(1-½α)(dk), didapatkan bahwa hasil belajar kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol, Berdasarkan hasil pengamatan kecakapan akademik siswa yang terkait dengan keterampilan mengidentifikasi variabel, menghubungkan variabel, dan melakukan percobaan memperoleh kriteria baik, sedangkan keterampilan merumuskan hipotesis memperoleh kriteria cukup. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan kecakapan akademik (academic skill) dalam model pembelajaran penemuan terbimbing (guided discovery) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Khadijah Surabaya pada materi kalor.

Kata-kata kunci : model pembelajaran penemuan terbimbing, kecakapan akademik, hasil belajar, kalor
Section
Articles
Abstract Views: 157
PDF Downloads: 260