PENGEMBANGAN ALAT PERAGA ALARM GEMPA BUMI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI GELOMBANG KELAS XI DI SMA NEGERI 1 PANGGUL, TRENGGALEK
DOI:
https://doi.org/10.26740/ipf.v2n3.p%25pAbstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan alat peraga alarm gempa bumi sebagai upaya membangun sikap sadar bencana untuk siswa di daerah pesisir Trenggalek, sekaligus sebagai media pembelajaran materi gelombang yang dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas. Pengembangan alat peraga alarm gempa bumi dikembangkan dengan menggabungkan alat peraga alarm gempa bumi (hardware) dengan aplikasi gelombang (software) sehingga menjadi media pembelajaran yang dapat menampilkan bentuk gelombang pada layar komputer. Gejala yang diakibatkan dari getaran tersebut adalah terbentuknya gelombang dengan indikator aman, siaga dan bahaya yang ditampilkan pada komputer, dari informasi gelombang tersebut, siswa dapat menemukan konsep energi gelombang berdasarkan amplitudo dan frekuensi yang didapatkan dari gambar gelombang. Hal ini berbeda dengan alarm gempa bumi sebelum dikembangkan yaitu tidak dapat menampilkan bentuk gelombang. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan uji coba terbatas pada dua puluh siswa kelas XI, metode pengumpulan data meliputi metode observasi, tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan alat peraga alarm gempa bumi memenuhi prinsip relevansi dalam kualifikasi media pembelajaran dengan persentase kelayakan 93.05%. Persentase ketuntasan belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan alat peraga alarm gempa bumi yang dikembangkan sebagai media pembelajaran sebesar 90.00%, hal ini menunjukkan alat peraga alarm gempa bumi memenuhi prinsip efektivitas, efisiensi dan produktivitas dalam pembelajaran di SMA N 1 Panggul. Selain itu, sikap sadar bencana siswa juga meningkat berdasarkan angket respons setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan alat peraga, keseluruhan respons siswa terhadap pembelajaran yang diberikan berkategori sangat baik dengan persentase 95.56%.Kata Kunci : Alat peraga alarm gempa bumi, penelitian dan pengembangan, Research and Development (R&D), uji coba terbatas
Abstract
This research aims to develop earthquake alarm props in an effort to build disaster-conscious attitude to students in the coastal region of Trenggalek, as well as learning media that can be used in learning in the classroom. Development of earthquake alarm is developed by combining an earthquake alarm props (hardware) and wave applications (software) so it becomes learning media that can display the waveform on the screen of a computer based on vibrations given earthquake alarm props. Symptoms resulting from the formation of the vibration waves with indicator safe, standby and danger displayed on computer, from the wave of information, students can find the wave energy concepts based on the amplitude and frequency of the wave pictures. This is different from alarm earthquake before developed which are not can display a waveform. The research method used is Research and Development (R&D) and limited trial to twenty students on class XI SMA N 1 Panggul, method of data collection undertaken include methods of observation, tests and question form. The results showed the earthquake alarm props meets the principle of relevance in learning media qualification with percentage of 93.05 %, Percentage of study result student learning in class after use earthquake alarm props of 90%, this shows the earthquake alarm props meets the principles of effectiveness, efficiency and productivity in learning in SMA N 1 Panggul. In addition, the attitude of the students also increased disaster conscious based on the now response after following the instruction by using props, the overall response of students show a good response with percentage of 95.56%.
Keywords : earthquake alarm props, research and development (R&D), limited tria
Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2013-11-01
Issue
Section
Articles

