Upaya Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA Pada Masa Pandemic COVID-19 Melalui Media Pembelajaran Software Simulasi Gunungapi

  • MOCH ALIF MAHFUDIN
  • EKO HARIYONO

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu media pembelajaran berupa software simulasi gunungapi untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis yang layak (valid dan efektif). Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan melalui pembelajaran secara daring atau online karena dalam situasi pandemic COVID-19. Teknik pengumpulan datanya dengan validasi media dan instrumen yang akan dikembangkan berupa lembar keterlaksanaan pembelajaran, lembar penilaian, serta angket respon peserta didik untuk menilai keefektifan media yang dikembangkan. Hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh nilai: Persentase validitas aspek pembelajaran sebesar 90% dengan kategori sangat valid, persentase validitas materi sebesar 90% dengan kategori sangat valid, dan persentase validitas aspek media sebesar 92% dengan kategori sangat valid. Persentase validitas lembar keterampilan berpikir kritis sebesar 93% dengan kategori sangat valid. Persentase keterlaksanaan pembelajaran sebesar 88 % yaitu sangat baik, Persentase hasil keterampilan berpikir kritis sebesar 83% dengan kategori sangat baik dan Hasil persentase respon peserta didik sebesar 97 % dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil validitas dan keefektifan media yang memperoleh kategori sangat valid dan baik dapat disimpukan bahwa media pembelajaran Software simulasi gunungapi yang dikembangkan valid dan dapat digunakan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis melalui pembelajaran secara online khususnya dalam masa pandemic.

Kata Kunci :Software simulasi gunungapi, Media pembelajaran, Keterampilan berpikir kritis, pandemic


Published
2020-07-08
Section
Articles
Abstract Views: 91
PDF Downloads: 91