Analisis Minat dan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XI Pada Materi Gelombang Dimasa Pandemi Covid -19

  • Bunga Mayzhurra Universitas Negeri Surabaya
  • Eko Hariyono Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Indonesia merupakan negara pendidikan dengan ini banyak perubahan dalam kurikulum di sekolah. Namun permasalahan juga timbul dari cara guru menggunakan pembelajaran yang diterapkan. Model pembelajaran yang biasa digunakan oleh guru adalah konvensional hal ini menyebabkan peserta didik menjadi malas untuk belajar dan kurang termotivasi dalam belajar. Maka diperlukan pembelajaran dengan cara yang baru. Dalam penelitian ini menggunakan model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction). Pada dasarnya model pembelajaran ARCS menekankan pada penyampaian materi yang mudah untuk dipahami dan juga  keaktifan peserta didik. Model pembelajaran ARCS dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan materi gelombang yang diberikan kepada peserta didik. Gelombang merupakan getaran yang merambat tanpa disertai perpindahan partikel. Minat dan motivasi merupakan hal yang mendasar dalam proses pembelajaran. Di masa pandemi covid-19 pembelajaran di Indonesia menggunakan sistem pembelajaran dalam jaringan (Daring) sebagai pencegah penularan virus. Penelitian merupakan survey yang bertujuan untuk menganalisis minat dan motivasi belajar peserta didik pada materi gelombang dengan menggunakan model pembelajaran ARCS. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian dengan membagikan kuesioner dan teknik wawancara yang dilakukan pada peserta didik kelas XI Mipa 1 di SMA Negeri 1 Gambiran Kab Banyuwangi. Untuk memperoleh hasil penelitian ini menggunakan analisis skala likert dan kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa menggunakan model pembelajaran ARCS minat dan motivasi belajar dikategorikan baik dan juga minat sangat berpengaruh pada motivasi belajar peserta didik. Dengan pembelajaran ARCS peserta didik mampu mengaitkan konsep materi gelombang satu dengan yang lain sehingga akan mendapatkan perubahan yang positif, dan dapat menumbuhkan rasa percaya diri atas kemampuan yang dimiliki.

 Kataikunci: Minat, Motivasi, Materi Gelombang

 

Abstrac

Indonesia is an educational country with many changes in the curriculum in schools. But the problem that arise from the way teacher uses the applied learning. The learning model commonly used by teachers is conventional, this causes students to be lazy to learn and less motivated to learn. Then it is necessary to learn in a new way. In this study using the ARCS learning model (Attention, Relevance, Confidence and Satisfaction). Basically the ARCS learning model emphasizes the delivery of material that is easy to understand and also the activeness of students. ARCS learning model can increase students motivation and learning outcomes. This study uses wave material given to students. A wave is a vibration that propagates without moving particles. Interest and motivation are fundamental in the learning process. During the pandemic covid-19 learning in Indonesia uses an online learning system to prevent virus transmission. This research is a survey that aims to analyze the interest and motivation of students to learn in wave material using the ARCS learning model. The method used in collecting research data is by distributing questionnaires and interview techniques XI Mipa 1 SMA Negeri 1 Gambiran Banyuwangi. To obtain the results of this study using a likert scale and qualitative analysis. Based on the results of the data analysis of this study it was concluded that using the ARCS learning model interest and learning motivation were categorized as good and interest was very influential on students learning motivation. With ARCS learning students are able to relate the concept of wave material to one another so that they will get positive changes and foster confidence in their abilities.

Keywords: Interest, Motivation, Wave Material

 

Published
2021-12-08
Section
Teori dan Inovasi Pembelajaran Fisika
Abstract Views: 84
PDF Downloads: 459