VALIDITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA TERINTEGRASI DENGAN EBOOK HIGH ORDER THINKING SKILLS PADA MATERI IMPULS DAN MOMENTUM

Authors

  • FATKHUL IKHSAN
  • ABD. KHOLIQ

Abstract

Abstrak

Dewasa ini perkembangan zaman dimana semua sudah menggunakan teknologi, sumber belajar juga berkembang dengan mengikuti teknologi yang sudah ada. Sumber belajar yang tadinya hanya berupa buku cetak sekarang terdapat dalam bentuk ebook. Ebook dapat digunakan sebagai salah satu sumber belajar yang interaktif, karena dapat mengintegrasikan suara, gambar, animasi maupun video sehingga informasi yang disajikan lebih kaya dibandingkan dengan buku konvensional yang hanya dapat memuat teks dan gambar saja. Untuk menerapkan pembelajaran menggunakan ebook maka diperlukan perangkat pembelajaran yang valid untuk mendukung penggunaan ebook. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kevalidan dari perangkat pembelajaran fisika yang teritegrasi dengan ebook high order thinking skills untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Perangkat pembelajaran yang dideskripsikan diantaranya RPP, LKPD, Instrumen Keterlaksanaan Pembelajaran, dan Lembar Evaluasi Pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif-kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang menggunakan lembar validasi untuk mengetahui kevalidan dari perangkat. Dari hasil penilaian dinyatakan bahwa perangkat yang dikembangkan valid digunakan sebagai bahan pembelajaran.

Kata kunci: kevalidan, perangkat pembelajaran, ebook high order thinking skills

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

01-08-2019

How to Cite

IKHSAN, F., & KHOLIQ, A. (2019). VALIDITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA TERINTEGRASI DENGAN EBOOK HIGH ORDER THINKING SKILLS PADA MATERI IMPULS DAN MOMENTUM. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 8(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/30043

Issue

Section

Articles
Abstract views: 159 , PDF Downloads: 157

Most read articles by the same author(s)