Analisis Bibliometrik: Tren Penelitian Alat Peraga Energi Terbarukan pada Tahun 2020-2025
DOI:
https://doi.org/10.26740/ipf.v14n2.p123-131Keywords:
analisis bibliometrik, alat peraga, Energi Terbarukan, Learning Media, tren penelitian, Bibliometrik, VOSviewerAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memetakan tren dan perkembangan kajian mengenai penggunaan alat peraga dalam pembelajaran energi terbarukan dengan pendekatan analisis bibliometrik. Data diperoleh dari publikasi ilmiah selama satu dekade terakhir (2015–2025) melalui pencarian pada Google Scholar menggunakan kata kunci “alat peraga”, “media pembelajaran”, “energi terbarukan”, dan kata kunci relevan lainnya. Analisis dilakukan menggunakan perangkat lunak VOSviewer dengan tiga jenis visualisasi utama, yaitu network visualization, overlay visualization, dan density visualization. Hasil network visualization menunjukkan bahwa “alat peraga” menjadi pusat utama dalam jaringan, yang terhubung erat dengan topik-topik seperti “media pembelajaran”, “energi terbarukan”, dan “fisika”. Overlay visualization menunjukkan pergeseran tren dari fokus pedagogis di awal (2021–2022) menuju penerapan teknologi spesifik seperti PLT, tenaga surya, dan tenaga angin pada tahun-tahun terakhir (2023). Sementara itu, density visualization menguatkan temuan bahwa topik “alat peraga” dan “medium” memiliki kepadatan tertinggi, menandakan dominasi dan relevansi yang kuat dalam literatur. Temuan ini menunjukkan bahwa penelitian terkait alat peraga dalam pembelajaran energi terbarukan masih sangat berkembang dan terbuka untuk eksplorasi lebih lanjut, khususnya dalam mengintegrasikan teknologi energi alternatif dalam konteks pembelajaran abad ke-21
Downloads
References
Al Husaeni, D. F., & Nandiyanto, B. A. (2022). Bibliometric Computational Mapping Analysis Publication on Mechanical Engineering Education Using VOSViewer. Journal of Engineering Science and Technology, 17(2), 1135-1149.
Anjarwati, N., Patricia, H. L., & Sugiarti. (2021). Pengembangan Lkpd Berbasis Discovery Learning Berbantuan Software Tracker Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas X Materi Gerak Lurus. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika), 9(2), 226-238. doi:10.24127/jpf.v9i2.3953
Ariadila, S. N., Silalahi, Y. F., Fadiyah, F. H., Jamaludin, U., & Setiawan, S. (2023). Analisis Pentingnya Keterampilan Berpikir Kritis TerhadapPembelajaran Bagi Siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(20), 664-669. doi:https://doi.org/10.5281/zenodo.8436970
Ayudha, F. C., & Setyarsih, W. (2021). Studi Literatir : Analisis Praktik Pembelajaran Fisika di SMA untuk Melatih Keterampilan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 11(1), 15-28. doi:https://doi.org/10.23887/jjpf.v11i1.33427
Elitasari, H. T. (2022). Kontribusi Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Abad 21. Jurnal Basicedu, 6(6), 9508–9516. doi:https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4120
Fricticarani, A., Hayati, A., Ramdani, Hoirunisa, I., & Rosdalina , G. M. (2023). Strategi Pendidikan Untuk Sukses di Era Teknologi 5.0. JIPTI : Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi, 4(1), 56-68. doi:https://doi.org/10.52060/pti.v4i1.1173
Gulo, R. P. (2023). Peran Generasi Z dalam Mengekspansi Misiologi di Era Society 5.0. Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, 2(1), 132-137. doi:https://doi.org/10.56854/pak.v2i1.210
Guswantoro, T., Faradiba, Daniaty, N., Sianturi, M., Lumbantobing, S. S., Masta, N., . . . Olla, Y. M. (2024). Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Motor Listrik Dan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Sederhana Kepada Siswa Di SMA Yadika 9 Bekasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 6(1). doi:https://doi.org/10.57214/pengabmas.v6i1.481
Habibi, F., Fitriana, A., & Sulityowati, E. (2022). Pemetaan Bibliometrik terhadap Perkembangan Penelitian E-Learning pada Google Scholar Menggunakan VosViewers. Attractive : Innovative Education Journal, 4(2), 383-395. doi:https://doi.org/10.51278/aj.v4i2.505
Kemendikbud. (2023). PISA 2022 dan Pemulihan Pembelajaran di Indonesia. Riau: Balai Bahasa Provinsi Riau.
Khoiriah, M., & Kholiq, A. (2020). Validitas Perangkat Pembelajaran Fisika Berbantuan E-Book Literasi Sains pada Meteri Fluida Dinamis. IPF : Inovasi Pendidikan Fisika, 9(1), 1-4.
Kholiq, A. (2020). Development of B D F-AR 2 (Physics Digital Book Based Augmented Reality) to train students' scientific literacy on Global Warming Material. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 8(1), 50-58. doi:10.20527/bipf.v8i1.7881
Kollo, N., & Suciptaningsih, O. A. (2024). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa melalui Penerapan Kurikulum Merdeka. JIIP : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 1452-1456. doi:https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3845
Kumar, K. N., Kumar, B. L., & Lakshmi, V. B. (2022). The Methodology of Physics Relation Between Physics and Other diciplines and Society. International Journal of Advances in, 4(3), 439-445.
Maritsa, A., Salsabila, U. H., Wafiq, M., Anindya, P. R., & Ma'shum, A. M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91-100. doi:https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303
Mukhadis, A. (2013). Sosok Manusia Indonesia Unggul dan Berkarakter dalam Bidang Teknologi Sebagai Tuntutan Hidup di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Karakter, 4(2), 115-136. doi:https://doi.org/10.21831/jpk.v2i2.1434
Nandiyanto, A. D., & Al Husaeni, D. F. (2021). A bibliometric analysis of materials research in Indonesian journal using VOSviewer. Journal of Engineering Research. doi:https://doi.org/10.36909/jer.ASSEEE.16037
Novriani, S., Lukman, H., & Lefudin. (2021). Development of Android-Based Momentum and Impulse E-LKPD To Improve Student's Concept Understanding. Jurnal Phenomenon, 11(1), 29-44. doi:10.21580/phen.2021.11.1.7136
OECD. (2017). PISA for Development Assessment and Analytical Framework. Paris: OECD Publishing.
Rahayu, R., Sofyan, I., & Yunus, A. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099-2104. doi:10.31004/basicedu.v6i2.2082
Samudra, G. B., Suastra, I. W., & Suma, K. (2014). Permasalahan-Permasalahan yang Dihadapi Siswa SMA di Kota Singaraja dalam Mempelajari Fisika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1).
Saputra, I. f., Hariyadi, B., & Anggereini, E. (2023). Analisis Bibliometrik Perkembangan Riset Media Pembelajaran Biologi Berbasis Teknologi diSMA Menggunakan Vosviewer. BIODIK : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 9(2), 13-23.
Sari, D. K., Uspayanti, R., & Dinata, C. P. (2021). Provision of Physics Props and Bilingual E-Book for SMA YPK Merauke: Pengadaan Alat Peraga Fisika dan E-Book Bilingual untuk SMA YPK Merauke. Mattawang : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 67-74. doi:https://doi.org/10.35877/454RI.mattawang332
Sari, I. P., Ismail, H. B., Al-Hamidy, H., & Mhd, B. (2023). Pengenalan Bangun Ruang Menggunakan Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Ilmu Komputer, 1(4), 209-215. doi:10.56211/helloworld.v1i4.142
Saufi, A., & Santiani. (2024). Analisis Bibliometrik Perkembangan Pendidikan Agama Islam Berbasis Metaverse Menggunakan VOSviewers pada Tahun 2020-2024. JUKIM : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(3), 95-102. doi:https://doi.org/10.56127/jukim.v3i03.1343
Susilawati, E., Agustinasari, Samsudin, A., & Siahaan, P. (2020). Analisis Tingkat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. JPFT : Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 6(1), 11-16. doi:https://doi.org/10.29303/jpft.v6i1.1453
Usilo, A. (2022). Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Kurikulum Merdeka untuk Pengembangan Keterampilan Abad ke-21. Jurnal Pendidikan Inovatif, 120-135.
Utami, H. B. (2022). Pentingnya Kemampuan Berpikir Kritis dalam Dunia Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 529-538. doi:https://doi.org/10.31932/j-pimat.v4i2.2025
Wahyudi, Agus, S., & Andi, S. (2023). Trend and Opportunity of Science Education Research Related Optical Waves: A Systematic Literature Network Analysis. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 8(2), 168-182. doi:10.26737/jipf.v8i2.3685
Wibowo, F. C., Nasbey, H., Sanjaya, L. A., Darman, D. R., Ahmad, N. J., & Ismail, H. N. (2021). The technology of interactive book augmented reality (IBAR) for facilitating student 21-century skills. Journal of Theoretical and Applied Information Technology, 99(22), 5276-5286.
Wijayanto, B., Sutriani, W., & Luthfi, F. (2020). Kemampuan Berfikir Spesial Dalam Pembelajaran Abad Ke-21. Jurnal Samudra Geografi, 42-50. doi: https://doi.org/10.33059/jsg.v3i2.2495
Yulianingsih, S., Kurnia, D., & Julia, J. (2020). Pemetaan Sistematik dalam Topik Kajian Problem Posing Berdasarkan Analisis Bibliometrik. JPI : Jurnal Pena Ilmu, 3(2). doi:https://doi.org/10.17509/jpi.v3i2.26477
Yuliati, Y., & Saputra, D. S. (2019). Pembelajaran Sains di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2), 168-171.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Desy Tri Sekarwahyu, Abd. Kholiq

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC BY-NC 4.0).
Authors retain the copyright and full publishing rights of their articles without restriction. By submitting and publishing in this journal, the author grants the journal the non-exclusive right to publish and distribute the article, provided that proper attribution is given and the use is non-commercial.
To view a copy of this license, visit https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
Abstract views: 66
,
PDF Downloads: 49



