Pengembangan Alat Peraga Optik Untuk Melatihkan Literasi Sains Peserta Didik SMA

Authors

  • MOH TEGAR ABADI
  • ABD. KHOLIQ

Abstract

Alat peraga adalah alat yang dapat membantu proses pembelajaran. Alat peraga sangat berperan penting dalam mendukung proses pembelajaran di sekolah yang dilakukan oleh pendidik agar proses pembelajaran peserta didik lebih efektif dan efisien. Alat peraga dapat di katakan alat bantu dalam proses pembelajaran sehingga dapat membantu peserta didik yang mengalami kesulitan dalam melakukan penyelidikan melalui kegiatan ilmiah, sehingga peserta didik dapat menemukan konsep sains dan mampu menciptakan kemampuan literasi sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat peraga optik yang layak digunakan untuk melatihkan literasi sains peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian model DDD-E dengan tahapan meliputi perencanaan (decide), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penilaian (evaluate). Sumber data yang digunakan peneliti adalah validitas kelayakan alat peraga optik yang ditelaah dua dosen ahli dari Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Unesa. Hasil validitas kelayakan alat peraga optik diperoleh sebesar 92.50% dengan kategori sangat valid dan layak digunakan. Berdasarkan hasil validasi alat perag optik dapat disimpulkan bahwa pengembangan alat peraga optik untuk melatihkan literasi sains peserta didik pada materi alat optik sub pokok bahasan pemantulan dan pembiasan cahaya, dapat dikatakan layak digunakan.

Kata kunci: Alat peraga, Optik, Literasi Sains.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

19-06-2020

How to Cite

TEGAR ABADI, M., & KHOLIQ, A. (2020). Pengembangan Alat Peraga Optik Untuk Melatihkan Literasi Sains Peserta Didik SMA. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 9(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/34548

Issue

Section

Articles
Abstract views: 519 , PDF Downloads: 2650

Most read articles by the same author(s)