Pengembangan Media EDIBOOK (Electrostatics Digital Book) Matari Medan Listrik untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi

Authors

  • Eka Mufidatul Chusna Universitas Negeri Surabaya
  • Abd. Kholiq Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/ipf.v14n2.p75%20-%2083

Keywords:

Edibook (Electrostatic Digital Book), Berpikir Tingkat Tinggi, Listrik Statis

Abstract

Abstrak

Perkembangan teknologi digital mendorong perlunya inovasi dalam media pembelajaran yang mampu melatihkan keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS). Fisika sebagai salah satu mata pelajaran sains seringkali dianggap sulit karena membutuhkan pemahaman konsep yang mendalam dan analitis. Oleh karena itu, pengembangan media pembelajaran interaktif seperti Edibook pada materi listrik statis menjadi solusi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Edibook (Electrostatics Digital Book) berbasis digital pada materi listrik statis guna melatihkan keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) peserta didik. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan model DDD-E yang mencakup empat tahapan: Decide, Design, Develop, dan Evaluate. Validitas media diuji dari aspek media, materi, dan bahasa dengan hasil rata-rata sebesar 93% yang dikategorikan sangat valid. Kepraktisan media diperoleh melalui angket respon siswa dan observasi keterlaksanaan pembelajaran, yang menunjukkan persentase rata-rata sebesar 91% dengan kriteria sangat praktis. Efektivitas media diukur melalui hasil pretest dan posttest, serta analisis N-Gain yang menunjukkan peningkatan hasil belajar pada sebagian besar siswa, dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,52 yang berada pada kategori sedang. Hasil tersebut menunjukkan bahwa Edibook efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep listrik statis sekaligus melatihkan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Dengan demikian, media Edibook layak digunakan sebagai media pembelajaran fisika yang valid, praktis, dan efektif dalam mendukung pengembangan HOTS siswa.

 

Abstract

The development of digital technology highlights the need for innovative learning media that can train students' higher-order thinking skills (HOTS). Physics, as one of the science subjects, is often seen as difficult because it requires deep and analytical understanding. Therefore, developing an interactive learning media such as Edibook for the topic of electrostatics offers a solution to improve learning quality and students’ high order thinking skills. This study aims to develop a digital-based learning media called Edibook (Electrostatics Digital Book) on the topic of electrostatics to support the development of HOTS among students. The method used is research and development (R&D) with the DDD-E model, which includes four stages: Decide, Design, Develop, and Evaluate. The validity of the media was tested in terms of media design, content, and language, with an average score of 93%, categorized as very valid. The practicality of the media was measured through student responses and teacher observations, showing an average score of 91%, which is considered very practical. The effectiveness was measured using pretest and posttest results and N-Gain analysis, which indicated that most students showed learning improvement with score 0,52 in the medium to high category. These results show that Edibook can improve students’ understanding of electrostatics and support the development of high order thinking skills. Thus, Edibook is a valid, practical, and effective learning media for teaching physics and enhancing HOTS.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budiarta, I N E, ‘Kajian Literatur Sistematis: Konseptualisasi Dan Pengukuran Higher-Order Thinking Skills Dalam Pembelajaran Fisika’, Jurnal Pendidikan Fisika UNDIKSHA, 13.2 (2023), 286–95

Husna, Khamila, and Supriyadi Supriyadi, ‘Peranan Manajeman Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa’, AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 4.1 (2023), 981–90 <https://doi.org/10.37680/almikraj.v4i1.4273>

Millah, Nayla‘Izzata, and Abd Kholiq, ‘Analisis Validitas E-Book Berbasis Higher Order Thinking Skills Pada Materi Gerak Melingkar’, Inovasi Pendidikan Fisika, 12.3 (2023), 29–34

Nazifah, Naurah, Asrizal Asrizal, and Festiyed Festiyed, ‘Analisis Ukuran Efek Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa’, Jurnal Pijar Mipa, 16.3 (2021), 288–95 <https://doi.org/10.29303/jpm.v16i3.2419>

OECD, Pisa 2022, Perfiles Educativos, 2024, XLVI <https://doi.org/10.22201/iisue.24486167e.2024.183.61714>

Oztemel, Ercan, and Samet Gursev, ‘Literature Review of Industry 4 . 0 and Related Technologies’, Journal of Intelligent Manufacturing, January, 2018 <https://doi.org/10.1007/s10845-018-1433-8>

Panggabean, Jonny Haratua, and Mery Cintia Afriliya Sitinjak, ‘Pembuatan Modul Terintegerasi High Order Thinking Skills ( Hots ) Pada Materi Listrik Kelas XII SMA’, Jejak Pembelajaran: Jurnal Pengembangan Pendidikan, 7.4 (2023), 256–66

Pratama, Nurris Septa, and Edi Istiyono, ‘Studi Pelaksanaan Pembelajaran Fisika Berbasis Higher Order Thinking (HOTS) Pada Kelas X Di SMA Negeri Kota Yogyakarta’, Prosiding Seminar Nasional Fisika Dan Pendidikan Fisika, 6.1 (2015), 104–12

Riska Dewi, Laily, and Mita Anggaryani, ‘Pembuatan Media Pembelajaran Fisika Dengan Augmented Reality Berbasis Android Pada Materi Alat Optik’, IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 9.3 (2020), 369–76 <https://doi.org/10.26740/ipf.v9n3.p369-376>

Rohmaniyah, Ika Anjani, Mahasiswa Jurusan, Pendidikan Fisika, Universitas Negeri, Universitas Negeri Yogyakarta, Augmented Reality, and others, ‘Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Augmented Reality Pada Materi Pemanasan Global Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMA / MA The Development of Augmented Reality-Based Physics Learning Media on Global Warming Materials T’, 2017, 1–6

Sandari, Tiara, ‘Analisis Minat Siswa Terhadap Mata Pelajaran Fisika Di Sma N 1 Batanghari’, EduFisika, 5.02 (2020), 118–23 <https://doi.org/10.2

2437/edufisika.v5i02.10886>

Socrates, Tegar Putra, and Fatni Mufit, ‘Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Augmented Reality: Studi Literatur’, EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 7.1 (2022), 96–101 <https://doi.org/10.59052/edufisika.v7i1.19219>

Sugiyono, Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods) (Bandung: Alfabeta, 2015)

Wulandari, Resti, Ari Widodo, and Diana Rochintaniawati, ‘Penggunaan Aplikasi Augmented Reality Untuk Memfasilitasi Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik’, Jurnal Pendidikan Biologi, 11 (2020), 59–69

Downloads

Published

01-08-2025

How to Cite

Chusna, E. M., & Kholiq, A. (2025). Pengembangan Media EDIBOOK (Electrostatics Digital Book) Matari Medan Listrik untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 14(2), 75–83. https://doi.org/10.26740/ipf.v14n2.p75 - 83
Abstract views: 110 , PDF Downloads: 58

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.