Urgensi Pengembangan Aplikasi Belajar Berbasis Android sebagai Media Interaktif untuk Melatihkan Berpikir Kritis pada Materi Gelombang Bunyi

Authors

  • Dewi Vatika Sari Universitas Negeri Surabaya
  • Abd. Kholiq Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/ipf.v14n2.p132-138

Keywords:

aplikasi, andorid, pembelajaran fisika, gelombang bunyi, berpikir kritis

Abstract

Abstrak: Penguatan keterampilan berpikir kritis menjadi salah satu tujuan utama pendidikan abad ke-21. Dalam pembelajaran fisika, khususnya materi gelombang bunyi, peserta didik dihadapkan pada tantangan pemahaman konsep-konsep abstrak yang kurang didukung oleh media pembelajaran yang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji urgensi pengembangan aplikasi belajar berbasis android sebagai media interaktif yang mampu melatihkan kemampuan berpikir kritis pada materi gelombang bunyi. Penelitian ini menggunakan metode mixed method dengan memadukan pendekatan kuantitatif dan kualitatif.  Pendekatan kuantitatif diperoleh melalui analisis hasil angket peserta didik dan pendekatan kualitatif melalui analisis bibliometrik terhadap tren global penelitian dalam bidang media digital dan keterampilan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik membutuhkan media pembelajaran yang lebih interaktif untuk membantu memahami konsep gelombang bunyi, dan tren global mendukung pemanfaatan media digital, khususnya aplikasi android, dalam pembelajaran. Oleh karena itu, pengembangan media pembelajaran interaktif melalui aplikasi belajar berbasis android sangat diperlukan dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, I. I., Wiyono, K., Marlina, L., & Rahman, N. F. A. (2025). Pengaruh Simulasi Phet Terhadap Pemahaman Siswa Mengenai Konsep Gelombang Bunyi Di Sekolah Menengah. Jurnal Education And Development, 13(1), 63-65.

Ananda, Y., Rizal, E., & Rohman, A. S. (2025). Pemetaan pengetahuan terhadap perkembangan penelitian kebutuhan informasi pada database Scopus menggunakan VOSViewer. Informatio: Journal of Library and Information Science, 5(1), 49-66.

Anita, F., & Kurniawati, T. (2025). Desain Pembelajaran Berbasis Proyek sebagai Strategi Penguatan Berpikir Kritis di Era Digital. Jurnal Pendidikan Bahasa, 14(1), 1-12.

Bausad, A. A., & Setyawati, H. (2024, December). Tren Penelitian Dan Produktivitas Bidang Pendidikan Jasmani Di Indonesia: Analisis Bibliometrik. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan Mental Peserta Didik (pp. 64-85).

Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). SAGE Publications.

Dewi, I. K., & Muhibbin, A. (2024). Implementasi Desain Pembelajaran Ips Yang Inovatif Melalui Aplikasi Digital Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 566-580.

Dewi, R. A., & Muhibbin, A. (2024). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis keterampilan abad 21. Jurnal Pendidikan Sains, 12(1), 23–30.

Facione, P. (2015). Critical Thinking: What It Is And Why It Counts.

Fudholi, D. H. (2020). Analisis Jejaring Penelitian Kesehatan Indonesia Menggunakan Text Mining.

Haerunnisa, H., Prasetyaningsih, P., & Biru, L. T. (2022). Analisis miskonsepsi siswa SMP pada konsep getaran dan gelombang. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 428–433.

Judijanto, L., & Apriyanto, A. (2025). Tren dan Pola Publikasi Islamic Financial Reporting dalam Akuntansi Syariah. Sanskara Akuntansi dan Keuangan, 3(03), 115-125

Kustandi, C., Farhan, M., Zianadezdha, A., & Fitri, A. K. (2021). Pemanfaatan Media Visual dalam tercapainya tujuan pembelajaran. Akademika, 10(02), 291-299.

Montessori, V. E., Murwaningsih, T., & Susilowati, T. (2023). Implementasi keterampilan abad 21 (6c) dalam pembelajaran daring pada mata kuliah Simulasi Bisnis. JIKAP (Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran), 7(1), 65-72.

Mulyanti, D. (2025). Strategi Manajemen Pendidikan di Era Digital: Optimalisasi Infrastruktur, SDM, dan Pembelajaran Berbasis Teknologi. Jurnal Pelita Nusantara, 2(4), 376-383.

Nurdiansah, I., Islami, F. H., & Nana, N. (2020). Penerapan Model POE2WE Yang Di Integrasikan dengan Bencana Tsunami Sebagai Upaya Pemahaman Konsep Fisika pada Materi Gelombang Berjalan dan Gelombang Stasioner Bagi Siswa Kelas XI SMA. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(01), 16-22.

Olvah, M., Alfan, M., Nusantara, T., Suyitno, I., & Anggraini, A. E. (2024). Pemanfaatan Berbagai Media dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Literasi Siswa dalam Perspektif Multimodal Literacy. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(7), 6391-6398.

Permana, B. S., Hazizah, L. A., & Herlambang, Y. T. (2024). Teknologi pendidikan: efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi di era digitalisasi. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(1), 19-28.

Putra, A. P., & Yuliana, S. (2020). Pemanfaatan aplikasi berbasis Android dalam menunjang pembelajaran di era digital. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(2), 112–120.

Rahmatullah, F. (2025). Media Interaktif sebagai Alat Efektif dalam Pembelajaran PAI. Zaheen: Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya, 1(1), 72-81.

Resti, R., Wati, R. A., Ma’Arif, S., & Syarifuddin, S. (2024). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi sebagai alat untuk meningkatkan kemampuan literasi digital siswa sekolah dasar. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(3), 1145-1157.

Risana, F., Hadi, A. I. M., Pratama, A., Rahmah, F., & Syafe’i, I. (2025). Transformasi metode pembelajaran pendidikan agama Islam: Dari konvensional ke pendekatan student-centered learning. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(01), 619-632.

Robbani, H. (2025). Pengembangan keterampilan berpikir kritis melalui pembelajaran berbasis masalah. ABDUSSALAM: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Islam, 1(1), 79-85.

Sari, M. K., & Wulandari, D. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis Android untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, 13(1), 55–63.

Sembiring, G. A., Siagian, K. A., Rajagukguk, N. A., Arwita, W., & Nasution, A. (2025). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Aktivitas Dan Minat Belajar Siswa Pada Materi Komponen Ekosistem Dan Interaksinya Di Kelas X SMA Negeri 7 Medan. Jurnal Media Akademik (JMA), 3(4).

Sholikhah, S., Sugiharto, B., & Rahardjo, S. B. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Hots) Peserta Didik di Sma Negeri 1 Ngemplak dalam Menyelesaikan Soal Asam Basa. In Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains) (pp. 267-275).

Situmorang, M. (2019). Inovasi Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital. Jakarta: PT Gramedia.

Tehuayo, H. M., Wattimena, H. S., Tamaela, E. S., & Napirah, M. (2024). Model Inkuiri Terbimbing dengan Pemanfaatan Aplikasi Simulasi Interaktif Sebagai Strategi Pembelajaran untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Gelombang Bunyi. Physikos: Journal of Physics and Physics Education, 3(2), 91-100.

Yatni, S. H., Murtikusuma, R. P., & Setiawan, Y. (2025). Kajian Literatur: Efektivitas Media Pembelajaran Ipa Berbasis Android Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Natural: Jurnal Ilmu Sains Dan Terapan, 1(1), 31-39.

Yuliani, F., & Suparman, U. (2024). Peran media interaktif dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran fisika. Jurnal Penelitian Teknologi Pendidikan, 4(2), 99–106.

Downloads

Published

16-09-2025

How to Cite

Sari, D. V., & Kholiq, A. (2025). Urgensi Pengembangan Aplikasi Belajar Berbasis Android sebagai Media Interaktif untuk Melatihkan Berpikir Kritis pada Materi Gelombang Bunyi. Inovasi Pendidikan Fisika, 14(2), 132–138. https://doi.org/10.26740/ipf.v14n2.p132-138

Issue

Section

Media Pembelajaran Fisika
Abstract views: 115 , PDF Downloads: 40

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.