Analisis Bibliometrik: Peran Augmented Reality dalam Transformasi Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Sains

Authors

  • Aisyah Andriyani Universitas Negeri Surabaya
  • Abd. Kholiq Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/ipf.v14n2.p192-200

Keywords:

Augmented Reality, pembelajaran fisika, literasi sains, abad ke-21, analisis bibliometrik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penelitian-penelitian yang mewakili tren penelitian dan karakteristik serangkaian publikasi terkait Augmented Reality dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan keterampilan literasi sains pada beberapa tahun terakhir ini. Data penelitian menggunakan kata kunci "Augmented Reality, Scientific Literacy, and Physics " yang ditemukan melalui aplikasi Publish or Perish (PoP) menggunakan database Google Scholar. Kata kunci ini berasal dari jurnal dengan rentang tahun penelitian mulai dari tahun 2019 hingga 2024. Adapun subjek penelitiannya yaitu 175 artikel dari jurnal-jurnal yang bereputasi. Metode analisis bibliometrik digunakan untuk memahami tren penelitian ini. Hasil analisis menunjukkan bahwa penelitian tentang Augmented Reality dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan keterampilan literasi sains semakin meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Penelitian ini bermanfaat untuk menemukan peluang baru dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis Augmented Reality yang dapat membantu peserta didik memahami konsep dengan lebih baik, meningkatkan keterampilan proses, dan mempersiapkan mereka menghadapi tantangan abad ke-21.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, W., Sumarto, S., & Trisno, B. (2019). Augmented Reality Based On Stem For Supporting Science Literacy In Vocational Education. Journal of Physics: Conference Series, 1375(1), 1-9. doi:10.1088/1742-6596/1375/1/012088

Anjarwati, N., Patricia, H. L., & Sugiarti. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Discovery Learning Berbantuan Software Tracker Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas X Materi Gerak Lurus. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika), 9(2), 226-238. doi:10.24127/jpf.v9i2.3953

Ismail, A., Festiana, I., Hartini, T. I., Yusal, Y., & Malik, A. (2019). Enhancing students’ conceptual understanding of electricity using learning media-based augmented reality. Journal of Physics: Conference Series, 1157(1), 1-5. doi:10.1088/1742-6596/1157/3/032049

Ismail, A., Gumilar, S., Amalia, I. F., Bhakti, D. D., & Nugraha, I. (2019). Physics Learning Media Based Augmented Reality (AR) For Electricity Concepts. Journal of Physics: Conference Series, 1402(6), 1-6. doi:10.1088/1742-6596/1402/6/066035

Jannah, Z., Nur, F., Tri Nadia, N., Rr. Fadila Kusumaning, A., Manilaturrohmah, & Devaldi Akbar, S. (2021). Planetarium Glass Based on Augmented Reality to Improve Science Literacy Knowledge in Madura Primary Schools. Child Education Journal, 3(1), 19-29. doi:10.33086/cej.v3i1.1768

Kemendikbud. (2023). PISA 2022 dan Pemulihan Pembelajaran di Indonesia. Riau: Balai Bahasa Provinsi Riau.

Khoiriah, M., & Kholiq, A. (2020). Validitas Perangkat Pembelajaran Fisika Berbantuan E-Book Literasi Sains pada Meteri Fluida Dinamis. IPF : Inovasi Pendidikan Fisika, 9(1), 1-4.

Kholiq, A. (2020). Development of B D F-AR 2 (Physics Digital Book Based Augmented Reality) to train students' scientific literacy on Global Warming Material. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 8(1), 50-58. doi:10.20527/bipf.v8i1.7881

Novriani, S., Lukman, H., & Lefudin. (2021). Development of Android-Based Momentum and Impulse E-LKPD To Improve Student's Concept Understanding. Jurnal Phenomenon, 11(1), 29-44. doi:10.21580/phen.2021.11.1.7136

OECD. (2017). PISA for Development Assessment and Analytical Framework. Paris: OECD Publishing.

Putri, C. R., Soleh, S. M., Saregar, A., Anugrah, A., & Susilowati, N. E. (2021). Bibliometric Analysis: Augmented Reality-Based Physics Laboratory With Vosviewer Software. Journal of Physics: Conference Series, 1796(1), 1-12. doi:10.1088/1742-6596/1796/1/012056

Rahayu, R., Sofyan, I., & Yunus, A. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099-2104. doi:10.31004/basicedu.v6i2.2082

Rahmat, A. D. (2023). Implementation of Mobile Augmented Reality on Physics Learning in Junior High School Students. Journal of Education and E-Learning Research, 10(2), 132-140. doi:10.20448/jeelr.v10i2.4474

Sari, I. P., Ismail, H. B., Al-Hamidy, H., & Mhd, B. (2023). Pengenalan Bangun Ruang Menggunakan Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Ilmu Komputer, 1(4), 209-215. doi:10.56211/helloworld.v1i4.142

Suprapto, N., Nandyansah, W., & Mubarok, H. (2020). An Evaluation of the “PicsAR” Research Project: An Augmented Reality in Physics Learning. International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 15(10), 113-125. doi:10.3991/ijet.v15i10.12703

Wahyudi, Agus, S., & Andi, S. (2023). Trend and Opportunity of Science Education Research Related Optical Waves: A Systematic Literature Network Analysis. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 8(2), 168-182. doi:10.26737/jipf.v8i2.3685

Wibowo, F. C. (2023). Effects of Augmented Reality Integration (ARI) Based Model Physics Independent Learning (MPIL) for Facilitating 21st-Century Skills (21-Cs). Journal of Technology and Science Education, 13(1), 178-192. doi:10.3926/jotse.1800

Wibowo, F. C., Nasbey, H., Sanjaya, L. A., Darman, D. R., Ahmad, N. J., & Ismail, H. N. (2021). The Technology Of Interactive Book Augmented Reality (IBAR) for Facilitating Student 21-Century Skills. Journal of Theoretical and Applied Information Technology, 99(22), 5276-5286.

Zuniari, N. I., Ridlo, Z. R., Wahyuni, S., Ulfa, E. M., & Dharmawan, M. K. (2022). The Effectiveness of Implementation Learning Media Based on Augmented Reality in Elementary School in Improving Critical Thinking Skills in Solar System Course. Journal of Physics: Conference Series, 2392(1), 1-13. doi:10.1088/1742-6596/2392/1/012010

Downloads

Published

22-09-2025

How to Cite

Andriyani, A., & Kholiq, A. (2025). Analisis Bibliometrik: Peran Augmented Reality dalam Transformasi Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Sains. Inovasi Pendidikan Fisika, 14(2), 192–200. https://doi.org/10.26740/ipf.v14n2.p192-200

Issue

Section

Media Pembelajaran Fisika
Abstract views: 106 , PDF Downloads: 39

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.