Analisis Bibliometrik: Peran Augmented Reality dalam Transformasi Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Sains
DOI:
https://doi.org/10.26740/ipf.v14n2.p192-200Keywords:
Augmented Reality, pembelajaran fisika, literasi sains, abad ke-21, analisis bibliometrikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penelitian-penelitian yang mewakili tren penelitian dan karakteristik serangkaian publikasi terkait Augmented Reality dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan keterampilan literasi sains pada beberapa tahun terakhir ini. Data penelitian menggunakan kata kunci "Augmented Reality, Scientific Literacy, and Physics " yang ditemukan melalui aplikasi Publish or Perish (PoP) menggunakan database Google Scholar. Kata kunci ini berasal dari jurnal dengan rentang tahun penelitian mulai dari tahun 2019 hingga 2024. Adapun subjek penelitiannya yaitu 175 artikel dari jurnal-jurnal yang bereputasi. Metode analisis bibliometrik digunakan untuk memahami tren penelitian ini. Hasil analisis menunjukkan bahwa penelitian tentang Augmented Reality dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan keterampilan literasi sains semakin meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Penelitian ini bermanfaat untuk menemukan peluang baru dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis Augmented Reality yang dapat membantu peserta didik memahami konsep dengan lebih baik, meningkatkan keterampilan proses, dan mempersiapkan mereka menghadapi tantangan abad ke-21.
Downloads
References
Agustina, W., Sumarto, S., & Trisno, B. (2019). Augmented Reality Based On Stem For Supporting Science Literacy In Vocational Education. Journal of Physics: Conference Series, 1375(1), 1-9. doi:10.1088/1742-6596/1375/1/012088
Anjarwati, N., Patricia, H. L., & Sugiarti. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Discovery Learning Berbantuan Software Tracker Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas X Materi Gerak Lurus. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika), 9(2), 226-238. doi:10.24127/jpf.v9i2.3953
Ismail, A., Festiana, I., Hartini, T. I., Yusal, Y., & Malik, A. (2019). Enhancing students’ conceptual understanding of electricity using learning media-based augmented reality. Journal of Physics: Conference Series, 1157(1), 1-5. doi:10.1088/1742-6596/1157/3/032049
Ismail, A., Gumilar, S., Amalia, I. F., Bhakti, D. D., & Nugraha, I. (2019). Physics Learning Media Based Augmented Reality (AR) For Electricity Concepts. Journal of Physics: Conference Series, 1402(6), 1-6. doi:10.1088/1742-6596/1402/6/066035
Jannah, Z., Nur, F., Tri Nadia, N., Rr. Fadila Kusumaning, A., Manilaturrohmah, & Devaldi Akbar, S. (2021). Planetarium Glass Based on Augmented Reality to Improve Science Literacy Knowledge in Madura Primary Schools. Child Education Journal, 3(1), 19-29. doi:10.33086/cej.v3i1.1768
Kemendikbud. (2023). PISA 2022 dan Pemulihan Pembelajaran di Indonesia. Riau: Balai Bahasa Provinsi Riau.
Khoiriah, M., & Kholiq, A. (2020). Validitas Perangkat Pembelajaran Fisika Berbantuan E-Book Literasi Sains pada Meteri Fluida Dinamis. IPF : Inovasi Pendidikan Fisika, 9(1), 1-4.
Kholiq, A. (2020). Development of B D F-AR 2 (Physics Digital Book Based Augmented Reality) to train students' scientific literacy on Global Warming Material. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 8(1), 50-58. doi:10.20527/bipf.v8i1.7881
Novriani, S., Lukman, H., & Lefudin. (2021). Development of Android-Based Momentum and Impulse E-LKPD To Improve Student's Concept Understanding. Jurnal Phenomenon, 11(1), 29-44. doi:10.21580/phen.2021.11.1.7136
OECD. (2017). PISA for Development Assessment and Analytical Framework. Paris: OECD Publishing.
Putri, C. R., Soleh, S. M., Saregar, A., Anugrah, A., & Susilowati, N. E. (2021). Bibliometric Analysis: Augmented Reality-Based Physics Laboratory With Vosviewer Software. Journal of Physics: Conference Series, 1796(1), 1-12. doi:10.1088/1742-6596/1796/1/012056
Rahayu, R., Sofyan, I., & Yunus, A. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099-2104. doi:10.31004/basicedu.v6i2.2082
Rahmat, A. D. (2023). Implementation of Mobile Augmented Reality on Physics Learning in Junior High School Students. Journal of Education and E-Learning Research, 10(2), 132-140. doi:10.20448/jeelr.v10i2.4474
Sari, I. P., Ismail, H. B., Al-Hamidy, H., & Mhd, B. (2023). Pengenalan Bangun Ruang Menggunakan Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Ilmu Komputer, 1(4), 209-215. doi:10.56211/helloworld.v1i4.142
Suprapto, N., Nandyansah, W., & Mubarok, H. (2020). An Evaluation of the “PicsAR” Research Project: An Augmented Reality in Physics Learning. International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 15(10), 113-125. doi:10.3991/ijet.v15i10.12703
Wahyudi, Agus, S., & Andi, S. (2023). Trend and Opportunity of Science Education Research Related Optical Waves: A Systematic Literature Network Analysis. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 8(2), 168-182. doi:10.26737/jipf.v8i2.3685
Wibowo, F. C. (2023). Effects of Augmented Reality Integration (ARI) Based Model Physics Independent Learning (MPIL) for Facilitating 21st-Century Skills (21-Cs). Journal of Technology and Science Education, 13(1), 178-192. doi:10.3926/jotse.1800
Wibowo, F. C., Nasbey, H., Sanjaya, L. A., Darman, D. R., Ahmad, N. J., & Ismail, H. N. (2021). The Technology Of Interactive Book Augmented Reality (IBAR) for Facilitating Student 21-Century Skills. Journal of Theoretical and Applied Information Technology, 99(22), 5276-5286.
Zuniari, N. I., Ridlo, Z. R., Wahyuni, S., Ulfa, E. M., & Dharmawan, M. K. (2022). The Effectiveness of Implementation Learning Media Based on Augmented Reality in Elementary School in Improving Critical Thinking Skills in Solar System Course. Journal of Physics: Conference Series, 2392(1), 1-13. doi:10.1088/1742-6596/2392/1/012010
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Aisyah Andriyani, Abd. Kholiq

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC BY-NC 4.0).
Authors retain the copyright and full publishing rights of their articles without restriction. By submitting and publishing in this journal, the author grants the journal the non-exclusive right to publish and distribute the article, provided that proper attribution is given and the use is non-commercial.
To view a copy of this license, visit https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
 Abstract views: 106
                                                        ,
  Abstract views: 106
                                                        , PDF Downloads: 39
 PDF Downloads: 39
                                




