VALIDITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBANTUAN E-BOOK LITERASI SAINS PADA MATERI FLUIDA DINAMIS

  • MIFTACHUL KHOIRIAH
  • ABD. KHOLIQ

Abstract

Abstrak

E-Book merupakan salah satu sumber belajar yang interaktif, karena format e-Book tidak hanya berisi teks namun juga dapat mengintegrasikan suara, gambar, animasi, maupun video sehingga informasi yang disajikan lebih beragam dan menarik. Untuk menerapkan pembelajaran dengan menggunakan e-Book diperlukan perangkat pembelajaran fisika yang valid dan dapat mendukung penggunaan e-Book untuk mencapai kompetensi yang hendak dilatihkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas dari perangkat pembelajaran fisika berbantuan e-Book literasi sains untuk melatihkan kemampuan literasi sains peserta didik. Perangkat pembelajaran yang dideskripsikan terdiri dari silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kerja peserta didik (LKPD), lembar evaluasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif-kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase validitas silabus sebesar 91,41%, persentase validitas rencana pelaksanaanpembelajaran (RPP) sebesar 91,25%, persentase validitas lembar kerja peserta didik (LKPD) sebesar 88,46%, dan persentase lembar evaluasi sebesar 86,93%. Sehingga perangkat pembelajaran yang dikembangkat sangat valid digunakan dalam proses pembelajaran.

Kataikunci: validitas, perangkat pembelajaran, e-Book literasi sains.

Abstrack

E-Book is an interactive learning resource, because the e-Book format not only contains text but can also integrate sound, images, animations, and videos so that the information presented is more diverse and interesting. To implement learning by using e-Book required a valid physics learning tool and can support the use of e-Book to achieve the competencies that are intended to be trained. This study aims to describe the validity of the physics learning device that is integrated with e-Book of scientific literacy to practice the scientific literacy skills of students. The learning kit described consists of syllabus, lesson plan, student worksheet, evaluation sheet. This research uses descriptive quantitative research. The results showed that the percentage of syllabus validity was 91.41%, the percentage of the validity of the lesson plans was 91.25%, the percentage of students worksheet validity was 88.46%, and the percentage of evaluation sheets was 86.93% . So that the developed learning device is very valid used in the learning process.

Keywords: validity, learning instrument, e-Book scientific literacy.
Published
2019-10-15
Section
Articles
Abstract Views: 182
PDF Downloads: 181