Korelasi Strategi Pembelajaran Learning by Questioning Terhadap Berpikir Kritis Siswa Kelas XI ‎SMAN 1 Gedangan‎

Authors

  • Muhamad Hakim Alhamidy
  • Nadi Suprapto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan hubungan antara strategi pembelajaran LBQ (Learning By Questioning) terhadap keterampilan berpikir kritis . LBQ merupakan suatu strategi pembelajaran berbasis pertanyaan yang dikembangkan dari strategi berbasis pertanyaan yang sudah ada yakni socrates method dan TEQ (Thinking Empowerment by Questioning). Aplikasi strategi pembelajaran LBQ melatihkan siswa kemampuan bertanya dengan terlebih dahulu diberikan pertanyaan yang bertingkat kesulitannya. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMAN 1 Gedangan dan rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional. Berdasarkan hasil penelitan dengan menggunakan analisis korelasi dan regresi didapatkan bahwa strategi pembelajaran ini memiliki pengaruh yang kuat terhadap keterampilan berpikir kritis dengan koefisien korelasi sebesar 0,723 dengan persamaan regresi Y=-141,9356 2,4862.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

12-06-2013

How to Cite

Alhamidy, M. H., & Suprapto, N. (2013). Korelasi Strategi Pembelajaran Learning by Questioning Terhadap Berpikir Kritis Siswa Kelas XI ‎SMAN 1 Gedangan‎. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 2(2), 70–74. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/3009
Abstract views: 27 , PDF Downloads: 23

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>