Peran Analisis Tugas dalam Group Investigation untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa dan ‎Pemahaman Konsep Siswa pada Pokok Bahasan Alat Optik Kelas X di SMAN 15 Surabaya‎

Authors

  • Puspita Widyagaraini
  • Mita Anggaryani

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran analisis tugas dalam Group Investigation terhadap aktivitas siswa dan pemahaman konsep. Rancangan penelitian ini adalah one group pre-test post-test design, dengan sampel yang digunakan sebagai subyeknya adalah kelas X-1, kelas X-2, dan kelas X-10 di SMAN 15 Surabaya. Hasil pre-test dianalisis dengan uji normalitas dan homogenitas. Langkah selanjutnya siswa diberikan post-test, dari hasil nilai pre-test dan post-test dilakukan pengujian hipotesis menggunakan analisis statistik uji-t dua pihak untuk mengetahui perbedaan hasil rata-rata nilai pre-test dan post-test. Dari hasil uji menunjukkan bahwa rata-rata hasil pre-test dan post-test di ketiga kelas berbeda. Sehingga menunjukkan bahwa hasil post-test lebih baik dari hasil pre-test. Hubungan hasil analisis tugas dengan hasil pemahaman konsep ditunjukkan dengan regresi Y= 209.64-1.607X dan koefisien determinasi sebesar 96%. Hubungan hasil analisis tugas dengan hasil aktivitas siswa ditunjukkan dengan regresi Y=X dan koefisien determinasi sebesar 100%. Hubungan hasil aktivitas siswa dengan hasil pemahaman konsep ditunjukkan dengan regresi Y= 11.579+0.7895X dan koefisien determinasi sebesar 16%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

12-06-2013

How to Cite

Widyagaraini, P., & Anggaryani, M. (2013). Peran Analisis Tugas dalam Group Investigation untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa dan ‎Pemahaman Konsep Siswa pada Pokok Bahasan Alat Optik Kelas X di SMAN 15 Surabaya‎. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 2(2), 78–82. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/3011
Abstract views: 27 , PDF Downloads: 26

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>