Peran Analisis Tugas dalam Group Investigation untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa dan Pemahaman Konsep Siswa pada Pokok Bahasan Alat Optik Kelas X di SMAN 15 Surabaya
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran analisis tugas dalam Group Investigation terhadap aktivitas siswa dan pemahaman konsep. Rancangan penelitian ini adalah one group pre-test post-test design, dengan sampel yang digunakan sebagai subyeknya adalah kelas X-1, kelas X-2, dan kelas X-10 di SMAN 15 Surabaya. Hasil pre-test dianalisis dengan uji normalitas dan homogenitas. Langkah selanjutnya siswa diberikan post-test, dari hasil nilai pre-test dan post-test dilakukan pengujian hipotesis menggunakan analisis statistik uji-t dua pihak untuk mengetahui perbedaan hasil rata-rata nilai pre-test dan post-test. Dari hasil uji menunjukkan bahwa rata-rata hasil pre-test dan post-test di ketiga kelas berbeda. Sehingga menunjukkan bahwa hasil post-test lebih baik dari hasil pre-test. Hubungan hasil analisis tugas dengan hasil pemahaman konsep ditunjukkan dengan regresi Y= 209.64-1.607X dan koefisien determinasi sebesar 96%. Hubungan hasil analisis tugas dengan hasil aktivitas siswa ditunjukkan dengan regresi Y=X dan koefisien determinasi sebesar 100%. Hubungan hasil aktivitas siswa dengan hasil pemahaman konsep ditunjukkan dengan regresi Y= 11.579+0.7895X dan koefisien determinasi sebesar 16%.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC BY-NC 4.0).
Authors retain the copyright and full publishing rights of their articles without restriction. By submitting and publishing in this journal, the author grants the journal the non-exclusive right to publish and distribute the article, provided that proper attribution is given and the use is non-commercial.
To view a copy of this license, visit https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

