Pengaruh Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan Media Cerita Bergambar Terhadap Motivasi dan ‎Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 12 Surabaya pada Materi Pesawat Sederhana

Authors

  • Yossie Dewi Arisandy
  • Mita Anggaryani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan media cerita bergambar terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi pesawat sederhana. LKS dalam bentuk cerita bergambar dipilih karena cerita bergambar merupakan salah satu media visual yang populer dan mampu mengembangkan daya imajinasi siswa. Siswa dapat mempelajari percobaan-percobaan sederhana dari tokoh di dalam cerita bergambar kemudian mempraktikkannya sendiri secara langsung. Dengan demikian, kegiatan pembelajaran siswa di sekolah menjadi lebih bermakna. Populasi penelitian terdistribusi normal adalah 191 siswa kelas VII SMP Negeri 12 Surabaya dan sampel yang homogen diambil dari populasi sejumlah 35 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasi regresi sederhana. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan LKS dengan media cerita bergambar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa dengan persentase pengaruhnya tergolong kuat yaitu sebesar 52,9%. Penerapan LKS dengan media cerita bergambar juga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan persentase pengaruh yang tergolong kuat pula yaitu sebesar 67,7%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

12-06-2013

How to Cite

Arisandy, Y. D., & Anggaryani, M. (2013). Pengaruh Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan Media Cerita Bergambar Terhadap Motivasi dan ‎Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 12 Surabaya pada Materi Pesawat Sederhana. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 2(2), 107–110. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/3377
Abstract views: 27 , PDF Downloads: 37

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>