PENERAPAN CBT (COMPUTER BASED TEST) PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI LAYANAN JARINGAN DI SMK NEGERI 1 TUBAN
Main Article Content
Abstract
Abstrak Aplikasi CBT (Computer Based Test) yang digunakan pada penerapan penelitian ini adalah Beesmart. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dan respon siswa setelah menggunakan CBT. Pada aplikasi tersebut soal tes dikemas menjadi lebih interaktif dan mengurangi biaya kertas. Selain itu, hasil evaluasi pembelajaran menjadi lebih valid karena transparan dan kebenaran jawaban langsung dapat dilihat. Dari segi kevalidan soal yang digunakan dalam tes melalui uji coba oleh validator ahli, soal tersebut dinyatakan sebagai kategori sangat valid untuk diujikan kepada siswa dengan hasil presentase 94,5%. Berdasarkan hasil penelitian melalui hasil belajar dengan posttest yang diberikan kepada 35 siswa SMK Negeri 1 Tuban menyatakan bahwa hasil belajar siswa baik karena sebanyak 23 siswa memperoleh nilai posttest >80. Respon siswa terhadap penerapan CBT dikategorikan baik dengan presentase skor sebesar 76,17%. Dengan hasil belajar siswa dan respon siswa terhadap penggunaan CBT baik, dapat disimpulkan bahwa CBT lebih efektif untuk membantu dalam pelaksanaan tes.Kata Kunci: Tes, Beesmart, CBT, Hasil BelajarAbstractApplication of CBT (Computer Based Test) used in the application of this research is Beesmart. The purpose of this research is to know the results of student learning and student response after using CBT. In the application test questions are packaged to be more interactive and reduce the cost of paper. In addition, the evaluation results become more transparent and the truth is valid because the direct answer can be seen. In terms of validation questions used in the tests through trials by validator experts, the problem is stated as a very valid category to be tested to the students with the results percentage of 94.5%. Based on the research results through the results of a study with posttest given to 35 students of SMKN 1 Tuban stated that the results of student learning is good because as many as 23 students scored 80 > posttest. Student response against the application of CBT categorized either by percentage score of 76.17%. With the results of student learning and student response against the use of CBT is good, it can be concluded that CBT is more effective for assisting in the implementation of the test.Keywords: Test, Beesmart, CBT, The Results Of The Study
Downloads
Download data is not yet available.
Article Details
How to Cite
EKI HABSARI, M., & EKOHARIADI. (2019). PENERAPAN CBT (COMPUTER BASED TEST) PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI LAYANAN JARINGAN DI SMK NEGERI 1 TUBAN. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 4(1). https://doi.org/10.26740/it-edu.v4i1.28325
Section
Articles