Pengembangan LMS berbasis Project-Based Learning untuk Mengukur Game Developer Siswa XI RPL SMKN 2 Surabaya

Authors

  • Billah Izzah Arianto Universitas Negeri Surabaya
  • Ekohariadi Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/it-edu.v10i3.70807

Abstract

Transformasi digital di dunia pendidikan mendorong pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, salah satunya melalui pengembangan Learning Management System (LMS). Penelitian ini bertujuan mengembangkan LMS berbasis Moodle yang diintegrasikan menggunakan pendekatan Project-Based Learning (PjBL) guna mengukur dan mengembangkan kompetensi siswa sebagai game developer dalam mata pelajaran Pemrograman Gim. Penelitian dilakukan dengan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari analisis kebutuhan, desain LMS, pengembangan LMS, implementasi dan evaluasi. Sasaran dalam penelitian ini yaitu 30 siswa dari kelas XI RPL di SMK Negeri 2 Surabaya. Penelitian ini menggunakan sejumlah instrumen, yaitu observasi, wawancara, validasi pakar, serta pretest dan posttest yang difokuskan untuk mengukur kemampuan kognitif dan psikomotorik. Validasi instrumen menunjukkan seluruh instrumen pembelajaran berada dalam kategori sangat valid, dengan skor antara 85% hingga 94%. Hasil uji Wilcoxon pada data kognitif menunjukkan nilai signifikansi < 0,001, menandakan peningkatan pemahaman yang signifikan. Uji statistik Paired Sample T-Test terhadap aspek psikomotorik ditunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,001, yang berarti bahwa penggunaan LMS berdampak signifikan pada meningkatnya kemampuan psikomotorik siswa. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa integrasi LMS Moodle dengan metode PjBL efektif dalam meningkatkan kompetensi game developer siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

13-10-2025

How to Cite

Arianto, B. I., & Ekohariadi. (2025). Pengembangan LMS berbasis Project-Based Learning untuk Mengukur Game Developer Siswa XI RPL SMKN 2 Surabaya. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 10(3), 38–49. https://doi.org/10.26740/it-edu.v10i3.70807
Abstract views: 31 , PDF Downloads: 16

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>