Pengembangan LMS PBL untuk Meningkatkan Kompetensi Network Engineer dan Berpikir Kritis Siswa TKJ di SMK Negeri 2 Lamongan

Authors

  • Riza Ismia Universitas Negeri Surabaya
  • Ekohariadi Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/it-edu.v10i3.71104

Abstract

Perkembangan industri dan teknologi menuntut dunia pendidikan untuk menyiapkan lulusan yang memiliki keterampilan teknis. Penelitian ini bertujuan mengembangkan LMS berbasis Moodle dengan pendekatan PBL untuk meningkatkan kompetensi Network Engineer dan keterampilan berpikir kritis siswa pada konfigurasi routing jaringan. Metodenya menggunakan Research and Development (RnD) model ADDIE dengan 5 tahap yaitu menganalisis, mendesain, mengembangkan, mengimplementasikan, mengevaluasi. SMKN 2 Lamongan merupakan tempat penelitian dan sampelnya kelas XI TKJ 1 berjumlah 33 siswa.  Instrumennya meliputi observasi, validasi ahli, pre-test & post-test untuk mengukur kognitif, psikomotorik, dan keterampilan berpikir kritis. Rekap hasil validasi untuk RPP 90% kategori sangat valid, materi 87,14% kategori sangat valid, soal tingkat validitas 95%, sementara soal berpikir kritis 91,25% keduanya kategori sangat valid, adapun media LMS memperoleh 76,25% kategori valid. Untuk analisis hasil belajar siswa pada Uji Paired Sample T-Test test kognitif, test psikomotorik, dan test berpikir kritis menunjukkan nilai signifikansi <0,001, jadi terdapat peningkatan secara signifikan. Hasil penelitian menyatakan bahwa LMS dengan pendekatan PBL efektif sehingga dapat meningkatkan kompetensi Network Engineer baik pengetahuan maupun keterampilan dan kemampuan berpikir kritis.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

13-10-2025

How to Cite

Riza Ismia, & Ekohariadi. (2025). Pengembangan LMS PBL untuk Meningkatkan Kompetensi Network Engineer dan Berpikir Kritis Siswa TKJ di SMK Negeri 2 Lamongan. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 10(3), 131–143. https://doi.org/10.26740/it-edu.v10i3.71104
Abstract views: 24 , PDF Downloads: 9

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>