Rancang Bangun Media Pembelajaran Dengan Model PjBL Pada Materi VLAN di SMKN 1 Cerme Gresik

Authors

  • Laili Nur Fadhilah Universitas Negeri Surabaya
  • I Gusti Lanang Putra Eka Prismana Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/it-edu.v10i3.70757

Abstract

Guru sebagai pusat utama pembelajaran, kurang menariknya media pembelajaran, dan tidak adanya buku ajar dapat berpengaruh pada kompetensi siswa. Penelitian ini bertujuan merancang dan menerapkan media pembelajaran EDUN1CE dengan PjBL sebagai model pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi administrator jaringan pada materi VLAN siswa kelas XI TKJ di SMKN 1 Cerme Gresik. Desain penelitian yang digunakan adalah eksperimen one-group pretest-posttest design dengan model pengembangan ADDIE. Pengukuran hasil pembelajaran yang dilakukan siswa melalui pretest dan posttest untuk tes kognitif dan psikomotorik. Hasil penilaian produk yang didapat dari validasi dengan validator mendapatkan kriteria sangat valid dengan persentase 81% untuk RPP, persentase 98% untuk media, persentase 85% untuk materi dan  persentase 83% untuk soal. Selanjutnya, dilakukan uji coba beserta pengambilan data di SMKN 1 Cerme Gresik yang melibatkan 33 siswa kelas XI TKJ. Paired sample t-test digunakan sebagai uji hipotesis dan didapatkan hasil 0.000 untuk tes kognitif dan juga tes psikomotorik, hal tersebut berarti Nilai Sig. < 0.05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan positif dalam hasil pembelajaran yang dilakukan siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran EDUN1CE dengan model PjBL. Berdasar pada hasil penelitian, H0 ditolak dan H1 diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

13-10-2025

How to Cite

Laili Nur Fadhilah, & Prismana, I. G. L. P. E. (2025). Rancang Bangun Media Pembelajaran Dengan Model PjBL Pada Materi VLAN di SMKN 1 Cerme Gresik. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 10(3), 250–260. https://doi.org/10.26740/it-edu.v10i3.70757
Abstract views: 63 , PDF Downloads: 30

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>