MEREMEDIASI SISWA YANG MEMILIKI BEBAN MISKONSEPSI TINGGI PADA IKATAN KIMIA DAN PERSEPSI RENDAH MENGGUNAKAN STRATEGI ANALOGI (STUDENTS WHO HAVE LOADS REMEDIATE MISCONCEPTIONS HIGH ON CHEMICAL BONDING AND PERCEPTION OF LOW STRATEGY USING ANALOGY)

  • CINDY MAULANA PUTERA HIDAYAT

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meremediasi siswa yang memiliki beban miskonsepsi tinggi pada ikatan kimia dan memiliki tingkat persepsi rendah menggunakan pembelajaran remedial strategi analogi. Sasaran penelitian adalah 17 siswa yang memiliki beban miskonsepsi tinggi dan persepsi rendah pada kelas X MIA 1 hingga X MIA 6 di SMAN 17 Surabaya. Beban miskonsepsi tinggi adalah jumlah miskonsepsi dibagi jumlah soal di atas rata-rata miskonsepsi siswa di semua kelas X MIA yang terdiri atas enam kelas. Tingkat persepsi rendah merupakan siswa yang memiliki level 3 dan 4 berdasarkan data uji persepsi. Rancangan penelitian adalah one group pretest-posttest design. Pembelajaran remedial dengan strategi analogi telah berhasil menurunkan beban miskonsepsi secara signifikan sebesar 75%. Menurut hasil uji wilcoxon, strategi analogi dapat menurunkan beban miskonsepsi secara signifikan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi analogi efektif dalam mereduksi miskonsepsi siswa.

Kata Kunci: pembelajaran remedial, miskonsepsi, persepsi, konsep ikatan kimia, strategi analogi.

 

This study aims to remediate students who have a high burden of misconceptions on chemical bonding and have a low level of perception using remedial learning strategies analogy. The research objectives were 17 students who have misconceptions load high and low perception of the class X 1 X MIA MIA 6 at SMAN 17 Surabaya. High misconception load is divided by the number of misconceptions about the above average misconceptions students at all grade X MIA consisting of six classes. Low-level perception of the students who have the level 3 and 4 based on the test data of perception. The study design was one group pretest-posttest design. Remedial learning by analogy strategy has succeeded in reducing the burden of misconceptions by 75%. Based on wilcoxon test learning by analogy strategy has succeeded in reducing the burden of misconceptions significantly. Based on the results of this study concluded that the strategy is effective in reducing misconceptions analogy students.

Keywords: remedial learning, misconception, perception, chemical bonding concept, Analogy strategy.  

Published
2016-10-07
Abstract Views: 41
PDF Downloads: 75