PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM KIMIA KELAS X SMA SEMESTER II BERBASIS INKUIRI TERBIMBING BERDASARKAN KURIKULUM 2013 (THE DEVELOPMENT OF CHEMISTRY LAB GUIDE WITH GUIDED-INQUIRY ORIENTED FOR 1ST GRADE STUDENTS OF SENIOR HIGH SCHOOL IN 2ND SEMESTER BASED ON CURRICULUM 2013)

  • NANDA PUTRI SUCI DAMAYANTI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan panduan praktikum kimia kelas X SMA semester II berbasis inkuiri terbimbing berdasarkan kriteria isi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafikan, serta untuk mengetahui respon siswa terhadap buku panduan praktikum tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan desain penelitian Research and Development (R&D) yang dilakukan hingga tahap studi pengembangan. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu lembar validasi dan lembar angket respon siswa. Analisis data penelitian dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Indikator pencapaian kelayakan dari panduan praktikum ini adalah rata-rata persentase dari penilaian validasi ≥61% dan respon siswa ≥51%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan panduan praktikum yang dikembangkan ditinjau dari kriteria isi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafikan memperoleh rentang persentase 73,33-93,33% dengan kategori layak-sangat layak. Hasil respon siswa terhadap panduan praktikum yang dikembangkan adalah baik dengan persentase rata-rata 93,44%.

Kata Kunci: Panduan Praktikum Kimia, Inkuiri Terbimbing.

This study aims to determine the feasibility of chemistry lab guided with guided-inquiry oriented for 1st grade students of Senior High School in second semester based on the criteria of content, presentation, linguistic and graphic, and to investigate the student’s responses. This research is the development research that used Research and Development (R&D) design but limited to the development study. Instruments of this research are validation sheet and, student’s response questionnaire. The results showed that feasibility of the chemistry lab guide that is viewed from content, presentation, linguistic, and graphic criteria obtain the percentage ranges from 73.33% to 93.33%. The result of student’s response to this chemistry lab guide is good with an average percentage 93.44%.

KeyWords: Chemistry Lab Guide, Guided-inquiry.

Published
2017-03-14
Abstract Views: 60
PDF Downloads: 74