PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS)  BERORIENTASI   KOOPERATIF       TIPE     THINK      PAIR      SHARE  UNTUK  MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI TERMOKIMIA KELAS     XI    MIA    1     SMAN     1  BANGKALAN DEVELOPMENT THE STUDENTS WORKSHEET (LKS) ORIENTED COOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE FOR CULTURE CRITICAL THINKING (SKILL ON THE SUBJECT MATTER OF THERMOCHEMICAL OF CLASS XI MIA 1 SMAN 1 BANGKALAN)

  • ARDHIAN OKTAVIA PERMATASARI

Abstract

Penelitihan ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berorientasi kooperatif tipe think pair share untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis yang layak ditinjau dari kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Jenis penelitihan ini yaitu penelitihan pengembangan yang mengacul pada model 4 D, tetapi hanya sampai pada tahap develop. Instrumen yang digunakan yaitu lembar telaah, lembar validasi, lembar pretest dan postest keterampilan berpikir kritis serta angket respon siswa. Sumber data penelitihan ini dari dua  dosen kimia, guru kimia serta 12 siswa kelas XI SMA lalu data tersebut dapat dianalisis menggunakan deskriptif dan kuantitatif. Kevalidan yang diperoleh dari kualitas isi dan tujuan pada LKS 1-3 berturut-turut presentasenya yaitu (85,41%; 83,33%; 87,49%), kualitas intruksional pada LKS 1-3 berturut-turut presentasenya sama  yaitu 85,41%. Kualitas teknis pada LKS 1-3 berturut-turut presentasenya sama yaitu 85,41%. Hasil pretest dan posttest keterampilan berpikir kritis setelah diberikan LKS berorientasi kooperatif tipe think pair share mendapatkan nilai n gain score 0,72 sampai 0,90, rata-rata N gain score 0,80 dengan kriteria Tinggi. Hasil angket respon dari siswa menunjukkan 85,25 % siswa memberikan respon positif terhadap LKS yang dikembangkan  dengan kriteria sangat baik.                                         

Kata kunci: Kooperatif tipe TPS, berpikir kritis, termokimia.

The research to develop the critical thinking  worksheet of cooperatif tipe think pair share in term of validity, practically and efectiveness. The type research is develop research refer to four D, but until only stage develop. The instrument which used consists of analysis sheet, validation sheet, pretest and postest critical thinking and student response questionnaire sheet. Source of data were obtained by lecturer chemistry theacher, as well as 12 student grade XI Senior High School and then data was done descriptively and quatitative. The Validity of the content and purpose quality on worksheet 1 until 3 successive precentage is (85,41%; 83,33%; 87,49%) in very good category, intructionaly quality on worksheet 1 until 3 successive precentage same is 85,41 % in very good category, technicaly quality on worksheet 1 until 3 successive precentage same is 85,41 % in very good category. The results of pretest and posttest critical thingking after give  critical thinking worksheet  of cooperative tipe think pair share obtain value N gain Score 0,72 until 0,92, average N gain score 0,80 with high category. The result student response questionnaire show 85,25% student give positive response without worksheet in develop with very good category.            

Kata kunci: Cooperative tipe TPS, critical thinking, termokimia

Published
2017-03-14
Abstract Views: 36
PDF Downloads: 43