PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI LAJU REAKSI BAGI SISWA KELAS XI SMAN 12 SURABAYA (IMPLEMENTATION OF GUIDED INQUIRY MODEL BASED SCIENTIFIC APPROACH TO IMPROVE STUDENT’S CRITICAL THINKING IN REACTION RATES IN XI CLASS SMAN 12 SURABAYA)

  • AGUSTINA DINDA PUTRI LARASATI

Abstract

Telah dilakukan penelitian penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, peningkatan keterampilan berpikir kritis, hasil belajar, dan respon siswa pada materi laju reaksi.Rancangan penelitian yang digunakan “One-Group Pre-test Post-test Design”. Sasaran penelitian ini adalah kelas XI-MIA 5 SMAN 12 Surabaya.Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar tes keterampilan berpikir kritis, lembar tes hasil belajar, dan angket respon siswa. Analisis data dengan deskriptif kuantitatif. Disimpulkan bahwa (1) Keterlaksanaan pembelajaran untuk pertemuan 1 dan 2 berturut-turut sebesar 87,5% dan 86,67% dengan kategori sangat baik. (2) Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan sebesar 88,58% siswa mengalami peningkatan dengan kategori tinggi, dan sebesar 11,42% siswa mengalami peningkatan dengan kategori sedang. (3) Ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal sebesar 100%. (4) Siswa memberikan respon yang positif dengan perolehan kategori sangat baik terhadap model pembelajaran yang telah diterapkan.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Pendekatan Saintifik, Keterampilan Berpikir Kritis, Laju Reaksi

The research of guided inquiry model based on scientific approach has been done. The aims of this research is to describe the learning process, critical thinking, study outcomes and student responds to the topic of reaction rate. Design of the study is using “One Group Pre-test Post-test Design”. The objects of this research are the students of XI-MIA-5  SMAN 12 Surabaya. The research instrument used are sheet of learning process observation, sheet of critical thinking ability test, sheet of student worksheet, and questionnaire of students respond. The analysis of quantitative descriptive. The result of this research are: (1) The result of learning process for meeting 1 and 2 is 87,5% and 86,67% is categorized to excellent rate. (2) The ability of critical thinking raised up to 88,58% and 11,42% is categorized to middle rate. (3) The result of learning process is 100%. (4) The students gave positive response with the acquisition of a category very well to learning models that have been applied.

Keywords: Guided Inquiry Learning Model, Scientific Approach, Critical Thinking Skill, Reaction Rate

Published
2017-03-14
Abstract Views: 57
PDF Downloads: 71