PENERAPAN POGIL (PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN SELF- REGULATION SISWA MATERIĀ  REAKSI REDUKSI-OKSIDASI (IMPLEMENTATION POGIL (GUIDED INQUIRY PROCESS ORIENTED LEARNING) FOR INCREASE STUDENT LEARNING OUTCOME AND SELF REGULATION- SKILLS ON REDUCTION-OXIDATION REACTION MATERIAL)

  • RAHMA CAESAR SEPTIANI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan self regulation siswa setelah diterapkan Process Oriented Guided Inquiry LearningĀ  (POGIL) pada materi Reaksi Reduksi-Oksidasi. Desain penelitian ini menggunakan One Group Pretest-Posttest Design, sedangkan instrumen yang digunakan adalah lembar soal tes (pretest dan posttest) dan lembar angket keterampilan self regulation. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa (ranah pengetahuan dan ranah keterampilan) mengalami peningkatan setelah diterapkan model pembelajaran POGIL. Gain score hasil belajar ranah pengetahuan meningkat dengan kriteria cukup dicapai oleh 28 siswa, sedangkan kriteria tinggi dicapai oleh 9 siswa. Gain score hasil belajar ranah keterampilan meningkat dengan kriteria cukup dicapai oleh 21 siswa, sedangkan kriteria tinggi dicapai oleh 16 siswa. Keterampilan self regulation setelah diterapkan model pembelajaran POGIL pada fase forethought 65.57% dengan kriteria baik pada pertemuan pertama dan 71.28% dengan kriteria baik pada pertemuan kedua, pada fase performance or volitional control 69.20% dengan kriteria baik pada pertemuan pertama dan 71.00% dengan kriteria baik pada pertemuan kedua, pada fase self reflection 72.12% dengan kriteria baik pada pertemuan pertama dan 75.33% dengan kriteria baik pada pertemuan kedua.

Kata Kunci: POGIL, Keterampilan Self Regulation

Published
2017-07-13
Abstract Views: 32
PDF Downloads: 90