KETERLAKSANAAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING  UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT KELAS X SMAN 4 SIDOARJO (IMPLEMENTATION OF GUIDED INQUIRY TO INCREASE STUDENT CRITICAL THINKING SKILL ON ELECTROLYTE AND NON ELECTROLYTE SOLUTION MATERIALS IN X GRADE OF SMAN 4 SIDOARJO)

  • CARISSA FIRDAUSICHUURIYAH

Abstract

Mendeskripsikan keterlaksanaan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan ketrampilan berpikir kritis siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit adalah tujuan dari penelitian ini. Desain penelitian “One Group Pretest-Posttest Design" dan merupakan jenis penelitian pra-eksperimen. Subyek penelitian adalah 33 siswa kelas X MIA 4 SMAN 4 Sidoarjo. Hasil penelitian ini adalah: 1) Pada pertemuan pertama model pembelajaran inkuiri terbimbing terlaksana dengan persentase 96,43% (sangat baik) dan pada pertemuan kedua 97,62% (sangat baik); 2) Aktivitas siswa mendukung keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan persentase total aktivitas yang relevan pada pertemuan 1 mendapatkan persentase sebesar 91,52% dan pada pertemuan 2 mendapatkan persentase sebesar 95,53%.

Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Keterlaksanaan, Aktivitas.

Describe the implementation of guided inquiry learning model and student activity in learning with guided inquiry model to improve critical thinking skills on electrolyte and non electrolyte solution materials is the aims that want to achieve. Design of this research was “One Group Pretest-Posttest Design” and it was pre-experimental research. The subjects were 33 students of class X Science 4 SMAN 4 Sidoarjo. The results of this are: 1) The implementation of guided inquiry learning model at the first meeting was 96,43% (very good) and the second meeting was 97,62% (very good); 2) The activity of student support feasibility of guided inquiry learning model with the total percentage of relevant activity at the first meeting was 91,52% and at the second meeting was 95,53%.

Keywords: Guided Inquiry, Feasibility, Activity. 

Published
2017-07-13
Abstract Views: 500
PDF Downloads: 633