CAPAIAN KETERLAKSANAAN STRATEGI PREDICT DISCUSS EXPLAIN OBSERVE DISCUSS EXPLAIN (PDEODE) UNTUK MEREDUKSI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA KELAS XI SMAN 1 KREMBUNG SIDOARJO (THE ACHIEVEMENT OF PREDICT DISCUSS EXPLAIN OBSERVE DISCUSS EXPLAIN (PDEODE) STRATEGY TO REDUCE STUDENT’S MISCONCEPTION ON CHEMICAL EQUILIBRIUM OF XI  GRADE IN SMAN 1 KREMBUNG SIDOARJO)

  • FARIZZATUL ERZA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui capaian keterlaksanaan dan aktivitas siswa melalui strategi pembelajaran Predict Discuss Explain Observe Discuss Explain (PDEODE) dalam upaya mereduksi miskonsepsi siswa pada materi kesetimbangan kimia. Jenis penelitian ini adalah pra-eksperimen dengan desain penelitian “One Group Pretest-Posttest Design". Subyek dalam penelitian ini adalah 33 siswa kelas XI MIA-4 SMAN 1 Krembung Sidoarjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Keterlaksanaan pembelajaran sebesar 93,86% pada pertemuan pertama, 93,91% pada pertemuan kedua, dan 98,52% pada pertemuan ketiga. 2) Keseluruhan aktivitas siswa dapat terlaksana dengan baik dan efektif dimana persentase aktivitas pada pertemuan pertama, kedua, dan ketiga sebesar 100%.

Kata Kunci: Stategi PDEODE, Keterlaksanaan, Aktivitas.

The aims of this study are to determine the achievement of student’s feasibility and activity through learning by Predict Discuss Explain Observe Discuss Explain (PDEODE) in an effort to reduce student’s misconception on chemical equilibrium. The type of this study was preexperiment research with design research was “One Group Pretest-Posttest Design”. The subjects were students as many as 33 students of class XI Science 4 SMAN 1 Krembung Sidoarjo. The results of study showed that: 1) Percentage of learning management at the first meeting of 93,86%, the second meeting of 93,91%, and the third meeting of 98,52%. 2) A whole activity students to fruition and effective where the percentage activity in the first meeting , second meeting, and third meeting of 100 %. 

Keywords: PDEODE strategy, Feasibility, Activity.

Published
2017-07-13
Abstract Views: 173
PDF Downloads: 269