PENGEMBANGAN PERMAINAN CHEBO COLLECT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI POKOK IKATAN KIMIA UNTUK KELAS X SMA (DEVELOPMENT OF CHEBO COLLECT GAME AS A LEARNING MEDIA ON CHEMICAL BONDING FOR 10TH GRADE OF HIGH SCHOOL)

  • NUR FAIZATUL HILMIYAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permainan Chebo Collect yang layak sebagai media pembelajaran pada materi pokok Ikatan Kimia. Kelayakan permainan ini meliputi tiga kriteria yaitu (1) validitas permainan ditentukan dari hasil penilaian oleh validator, (2) kepraktisan yang ditentukan dari hasil angket respon peserta didik, (3) keefektifan yang ditentukan dari hasil belajar peserta didik dan observasi aktivitas peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan tiga langkah yaitu (1) studi pendahuluan, (2) pengembangan dan validitas permainan, (3) uji coba permainan. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar telaah permainan, validitas permainan,  pre-test dan post­-test, respon peserta didik, observasi aktivitas peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil validitas pada tiap aspek validitas isi dan konstruk memperoleh persentase validitas ≥ 61% yang artinya valid hingga sangat valid. Dinyatakan praktis pada aspek “Mengetahui Ketertarikan Peserta Didik Terhadap Permainan” dengan persentase kepraktisan sebesar 93,4%. Untuk aspek “Mengetahui Kemudahan Memahami Materi dan Penggunaan Permainan sebagai Media Pembelajaran” mendapatkan persentase sebesar 96,2%, serta dinyatakan efektif berdasarkan ketuntasan individu dan klasikal pada hasil belajar sebesar 100% dan persentase hasil observasi aktivitas peserta didik sebesar 90,91%. Berdasarkan hasil penelitian maka permainan Chebo Collect layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi pokok Ikatan Kimia untuk kelas X SMA.

Kata kunci: Permainan Chebo Collect, Media Pembelajaran, Ikatan Kimia

This research aims to develop the Chebo Collect game is  as a learning media on Chemical Bonding. The feasibility of game evaluated from three criterias that is (1) validity of game is determined from results of the assessment by validator, (2) practicality are determined by the questionnaire responses of learners, (3) the effectiveness from the learning outcomes of students and observation activities learners. This study used Research and Development (R&D) and step are: (1) preliminary study, (2) development and the validity of the game, (3) testing game. The research instrument used were game examination, game validity, pre-test and post-test, student response sheets, and observation of student activity. These results showed that the validity percentage  for each indicator in every aspect of content and construct validity obtained  ≥ 61% which means valid until very valid. Practically declared on the aspect of "Knowing the interest of Students Against the game" with the practicality percentage at 93.4%. For the aspect of "Knowing Ease of Understanding Matter and Use of Instructional Media Games as" a percentage of 96.2%, and declared effective by the thoroughness of the individual and the traditional method on learning outcomes by 100% and the percentage of students activity observation at 90.91%. Based on the research results that Chebo Collect game is feasible as a learning media on Chemical Bonding for 10th grade of high school.

Keywords: Chebo Collect game, Learning Media, Chemical Bonding 

Published
2017-07-13
Abstract Views: 62
PDF Downloads: 78