LKPD BERORIENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN (STUDENT WORKSHEET CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ORIENTED APPROACH TO TRAIN CRITICAL THINKING SKILL ON SOLUBILITY AND SOLUBILITY PRODUCT)

  • URFANI NURUL FITRIAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis peserta didik menggunakan LKPD dan respon peserta didik setelah pembelajaran menggunakan LKPD yang dikembangkan. Keterampilan berpikir kritis merupakan keterampilan yang harus dilakukan secara terus menerus agar terintegrasi dalam kurikulum pembelajaran aktif yang melibatkan peserta didik. Salah satu pendekatan yang dapat melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik yaitu pendekatan Contextual Teaching and Learning yang terintegrasi dalam LKPD yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan 4D menurut Thiagarajan. Sumber data yang digunakan yaitu 12 orang peserta didik kelas XII MIA 3 SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo tahun ajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis peserta didik mengalami peningkatan n-gain score sebesar 0,8 dengan ketuntasan klasikal 66,67%. LKPD yang dikembangkan mendapat respon positif dari peserta didik dengan perolehan persentase sebesar 91,43%.

Kata kunci:   LKPD, pendekatan Contextual Teaching and Learning, keterampilan berpikir kritis,  kelarutan dan hasil kali kelarutan.

This study aims to determine the critical thinking skills students use worksheet and response students after learning to use worksheet developed. Critical thinking skills are skills that must be done continuously with curriculum integrated in the active learning that engage students. One approach to train critical thinking skills of students is Contextual Teaching and Learning approach that integrated in worksheet developed. This study uses model of development research 4D according to Thiagarajan. The data sources used were 12 students of class XII MIA 3 SMA Negeri 1 Sidoarjo wildlife academic year 2016/2017. The results showed that the critical thinking skills of students increased by n-gain score is 0,8 with classical completeness 66,67%. Worksheet developed have positive response from the students with the acquisition of a percentage of 91.43%.

Keywords:  worksheet, Contextual Teaching and Learning approach, critical thinking skill, solubility and solubility product.

Published
2017-07-13
Abstract Views: 67
PDF Downloads: 92