PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING YANG DIPADUKAN DENGAN MODEL NESTED UNTUK MEMBANGUN KONSEP LAJU REAKSI (IMPLEMENTATION OF GUIDED INQUIRY LEARNING INTEGRATED WITH NESTED MODEL TO BUILD THE CONCEPT OF REACTIONRATE)

  • YAYA KUSWARI

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perubahan profil konsepsi siswa merupakan tujuan dalam penelitian ini melalui penerapan model inkuiri terbimbing yang dipadukan dengan model nested. Subyekpenelitian berjumlah 40 siswa.Penelitian dilakukan dengan menerapkan rancangan one group pretes posttest design dengan penetapan profil konsepsi tahu konsep, tidak tahu konsep, dan miskonsepsi siswa menggunakan metode certainty of response indexsedangkan analisis data menggunakan uji t. Persentase profil konsepsi siswa sebelum pembelajaran secara keseluruhan TK sebesar 17,35%, TTK sebesar 65,44%, dan MK sebesar 17,21%. Kualitas keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing yang dipadukan dengan model nested memperoleh percentage of agreement di atas 75% yang artinya bahwa ketiga pengamat memiliki kesepakatan yang sama bahwa pembelajaran tersebut terlaksana dengan baik. Sesudah pembelajaran diperoleh persentase TK secara keseluruhan sebesar 83,68%, TTK sebesar 2,35%, dan MK sebesar 13,97%. Profil konsepsi siswa sesudah pembelajaran dengan inkuiri terbimbing yang dipadukan dengan modelnested terjadi perubahandengan meningkatnya jumlah tahu konsep, menurunnya jumlah siswa yang tidak tahu konsepdan miskonsepsi dibuktikan melalui uji t.

Kata Kunci:inkuiri terbimbing, nested, perubahan profil konsepsi 

 

Published
2017-07-13
Abstract Views: 37
PDF Downloads: 84