PENGEMBANGAN KIT MICROSCALE UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI SEL ELEKTROKIMIA KELAS XII SMA (DEVELOPMENT KIT MICROSCALE SCIENCE PROCESS SKILLS TO INSTRUCT ON ELECTROCHEMISTRY CELL TOPIC CLASS XIIth HIGH SCHOOL)

  • MIKO FITRI ANA

Abstract

Media merupakan komponen sumber belajar atau wahana fisik yang terkandung materi instruksional di lingkungan peserta didik sehingga dapat merangsang peserta didik untuk belajar. Media yang dikembangkan dalam proses belajar ini adalah kit microscale sel elektrokimia melatihkan keterampilan proses sains peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media kit ditinjau dari kelayakan teoritis (kriteria isi, kebahasaan, dan penyajian) dan kelayakan empiris (hasil belajar, respon peserta didik, dan observasi aktivitas). Penelitian ini merupakan jenis pengembangan menggunakan model R&D yang pada tahapnya hanya sampai ujicoba lapangan awal. Media kit diujicobakan kepada 12 peserta didik. Hasil validasi dari media kit ini ditinjau dari kriteria isi dengan rentang sebesar 90-100% layak dengan kategori sangat baik; kriteria kebahasaan dengan rentang sebesar 80-100% layak dengan kategori baik; kriteria penyajian dengan rentang sebesar 90-100% layak dengan kategori sangat baik. Diperoleh n-gain hasil tes keterampilan proses sebesar 100% dengan kategori tinggi. Observasi aktivitas untuk komponen merangkai alat sel volta, sel elektrolisis, dan penerapan sel elektrokimia secara berturut-turut memperoleh persentase sebesar 90-100%; 100%; 80-100%.

Kata Kunci: kit, microscale, keterampilan proses sains.

Media is a component of learning resources or physical vehicles that contain instructional materials in the environment of learners that can stimulate learners to learn. Media developed in this learning process is a microscale kit that trains student science process skills. This study aims to determine the feasibility of media kits in terms of theoretical feasibility (criteria of content, language, and presentation) and empirical feasibility (learning outcomes, student response, and activity observation). This research is a type of development using an R & D model that is at the stage only until the initial field trials. Media kit was tested to 12 students. The validation results of this kit are reviewed from content criteria with a range of 90-100% worth of excellent category; Linguistic criteria with a range of 80-100% worthy of good category; The presentation criteria with a range of 90-100%  worthy of excellent category. Provided n-gain science process skills test results of 100% with high category. Activity observations for the components of stringing up voltaic cell tool, electrolysis cell, and electrochemical cell application are respectively obtaining percentages of 90-100%; 100%; 80-100%.

Keywords: kit, microscale, scince process skills

Published
2017-07-14
Abstract Views: 123
PDF Downloads: 199