PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING YANG DIPADUKAN DENGAN MODEL NESTED UNTUK MEMBANGUN KONSEPSI LAJU REAKSI SISWA BERGAYA BELAJAR REFLEKTIF (IMPLEMENTATION OF GUIDED INQUIRY MODEL THAT INTEGRATED WITH NESTED MODEL TO CONSTRUCT REFLECTIVE STUDENTS’ REACTION RATE CONCEPTION)

  • UMI HUSNUN NIHAYAH

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk memperoleh hasil uji efektivitas  penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing yang dipadukan dengan model nested terhadap keterbangunan konsepsi laju reaksi bagi siswa bergaya belajar reflektif. Peneltian ini merupakan pre-experimental dengan menggunakan One Group Pretest-Posttest Design yang melibatkan siswa bergaya belajar reflektif kelas XI MIA 1 dan kelas XI MIA 2 SMAN 22 Surabaya yang berturut-turut sebanyak 13 dan 15 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil konsepsi siswa reflektif di kedua kelas sebelum dan sesudah diterapkan pembelajaran mengalami kenaikan status tahu konsep dan penurunan status tidak tahu konsep secara signifikan. Hasil penelitian tersebut menyatakan bahwa konsepsi laju reaksi siswa telah terbangun dengan baik. Dengan demikian, model pembelajaran inkuiri terbimbing yang dipadukan dengan model nested dikatakan efektif untuk membangun konsepsi laju reaksi siswa secara baik.

Kata kunci: Inkuiri terbimbing, model nested, laju reaksi

The main purpose of this research was to describe the effectiveness of guided inquiry model implementation that integrated with nested model to construct reaction rate conception for reflective students. This research was pre-experimental with One Group Pretest-Posttest Design that involved 13 reflective students of class XI MIA 1 and 15 reflective students of class XI MIA 2 in SMAN 22 Surabaya. The result of this research showed that reflective students’ conception profile at before and after the learning model implementation showed the increasing of KCC (Knowledge of Correct Concept) status and the decreasing of LK (Lack of Knowledge) status significantly in the both classes. This result showed that students’ reaction rate conception has been built well. Because of that, guided inquiry model that integrated with nested model is effective to construct students’ reaction rate conception.

Keywords: Guided Inquiry, Nested Model, Reaction rate.



Published
2017-07-14
Abstract Views: 35
PDF Downloads: 45