PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN STRATEGI WRITING TO LEARN PADA MATERI KIMIA POKOK BAHASAN ZAT ADIKTIF DAN PSIKOTROPIKA UNTUK SISWA TUNARUNGU DI SMALB (INTERACTIVE MULTIMEDIA DEVELOPMENT STRATEGY WITH WRITING TO LEARN THE CHEMICAL SUBJECT MATTER ADDICTIVES DISCUSSION AND PSYCHOTROPIC FOR DEAF STUDENT IN SMALB)

  • INA ANA NURI

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan multimedia interaktif dengan strategi Writing To Learn pada materi zat adiktif dan psikotropika yang layak berdasarkan kelayakan teoritis dan empiris untuk memfasilitasi pembelajaran IPA materi kimia siswa tunarungu di SMALB. Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dibatasi pada tahap uji coba terbatas, dengan sumber data lima siswa tunarungu di SMALB. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Kelayakan teoritis MMI yang dikembangkan berdasarkan aspek materi dan aspek teknis memperoleh rentang persentase sebesar 80% - 100%. Kelayakan empiris MMI dilihat dari hasil respon positif siswa terhadap media diperoleh rentang persentase 80%-100%. Hasil aktivitas siswa dengan rentang persentase sebesar 87.17% - 97.43%, dan evaluasi dengan rentang nilai 66.7 – 93.3, sehingga MMI yang dikembangkan dikatakan layak dengan kriteria baik dan sangat baik.

Kata kunci: Multimedia Interaktif, Zat Adiktif dan Psikotropika, Tunarungu

Published
2017-07-14
Abstract Views: 48
PDF Downloads: 75