PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 7-E UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI ASAM BASA (IMPLEMENTATION OF LEARNING CYCLE 7-E MODEL ON ACID BASE TOPIC TO TRAIN CRITICAL THINKING SKILL’S STUDENT)

  • LAILY NUR FAIZAH

Abstract

Tujuan dari penelitian untuk mengetahui keefektivitasan model learning cycle 7-E dalam melatihkan keterampilan berfikir kritis siswa pada materi asam basa kelas XI SMA Negeri 1 Bangkalan. Jenis Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan rancangan One-Shot Case Study. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 1 Bangkalan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar keterlaksanaan pembelajaran, lembar aktivitas siswa, dan lembar tes keterampilan berfikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kualitas keterlaksanaan pembelajaran model learning cycle 7-E untuk melatihkan keterampilan berfikir kritis siswa pada pada pertemuan I sebesar 89,70%, pertemuan II sebesar 91,90%, dan pada pertemuan III sebesar 95,58%; (2) aktivitas siswa yang relevan lebih tinggi dibandingkan aktivitas siswa yang tidak relevan, serta dapat mendukung pembelajaran dalam melatihkan keterampilan berfikir kritis siswa pada materi asam basa; (3) Setiap indikator keterampilan berfikir kritis siswa telah mencapai ketuntasan yaitu ≥ 2,67 yaitu interpretasi sebesar 3.0, analisis 3.19, dan inferensi 3.8.

Kata kunci: Model Learning Cycle 7-E, Aktivitas Siswa, Keterampilan Berfikir Kritis, Asam Basa

The purpose of the research was to know the effectiveness of learning cycle 7-E model to train critical thinking skill’s studnt on acid base topic. This research uses quantitative descriptive research with One-Shot Case Study design. The subject of this research was student of XI grade SMA N 1 Bangkalan. The instruments that have been used was the learning observation sheet, the student activity observation sheet and the critical thinking skill’s test sheet. The result showed that (1) learning quality of the all learning cycle 7-E to train critical thinking skill’s student phase was dominanated by excellent criteria and was reached the criteria restriction, that is 89,70% on the firts day, 91,90% on second day, and 95,58% on the third day; (2) the relevant student activity was higher than than irrelevant activity and supported the instruction to train critical thinking skill’s student on acid base topic; (3) each critical thinking skill’s indicator have reached ≥ 2,67 that is 3.0 on interpretation, 3.19 on analyze, and 3.8 on inference.

Keyword: Learning Cycle 7-E, student activity, Critical thinking skill’s, Acid Base. 

Published
2017-07-14
Abstract Views: 31
PDF Downloads: 75