PENGEMBANGAN MODUL BERORIENTASI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI ASAM BASA UNTUK MENINGKATKAN SELF-EFFICACY SISWA (THE DEVELOPMENT OF MODULE ORIENTED CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING IN ACID AND BASE TO IMPROVE STUDENT’S SELF-EFFICACY)

  • ELVA QURROTUL AFIFAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul berorientasi contextual teaching and learning untuk meningkatkan self-efficay siswa yang valid berdasarkan validitas ahli, praktis berdasarkan aktivitas siswa, dan efektif berdasarkan hasil belajar, peningkatan self-efficacy, dan respon siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan perangkat pembelajaran 4-D. Metode yang digunakan diantaranya metode validasi, metode observasi, metode angket, dan metode tes. Modul dikatakan layak jika memenuhi aspek valid, praktis, dan efektif. Kevalidan dilihat dari hasil validasi dengan menggunakan lembar validasi. Persentase hasil validasi secara keseluruhan sebesar  88,06% dengan kriteria sangat layak. Kepraktisan modul dilihat dari aktivitas self-efficacy siswa dan respon siswa. Aktivitas self-efficacy siswa diperoleh dari lembar aktivitas siswa yang menunjukkan persentase sebesar 62,78% dengan kriteria tinggi. Respon siswa diperoleh dari lembar angket respon siswa yang menunjukkan persentase sebesar 96,00% dengan kategori sangat baik. Keefektifan diperoleh dari data uji coba terhadap 15 siswa di SMAN 1 Mojosari peminatan MIA. Data diperoleh dari peningkatan hasil belajar dengan menggunakan soal pretest dan posttest dan peningkatan self-efficacy dengan menggunakan lembar angket self-efficacy. Sebanyak 33% siswa mengalami peningkatan dengan kategori sedang dan 67% peningkatan dengan kategori tinggi. Peningkatan self-efficacy siswa sebesar 40% dengan kategori rendah dan 60% dengan kategori sedang.

Kata Kunci: modul, contextual teaching and learning, asam basa, self-efficacy

Published
2017-07-14
Abstract Views: 52
PDF Downloads: 67