MELATIHKAN HIGHER ORDER THINKING SKILL DENGAN MODEL INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA KELAS XI MAN 2 MOJOKERTO
DOI:
https://doi.org/10.26740/ujced.v9n2.p208-215Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan aktivitas peserta didik, keterlaksanaan pembelajaran, hasil belajar ranah pengetahuan dan keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam pembelajaran model inkuiri terbimbing di materi faktor-faktor yang mempengaruhi kesetimbangan kimia. Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan tipe pra eksperimen desain menguunakan rancangan penelitian one shot case study yang dilaksanakan pada kelas XI MIPA 1 di MAN 2 Mojokerto dengan jumlah peserta didik sebesar 35 orang. Pengambilan data ini dilakukan dengan tes serta pengamatan. Hasil penelitian memperlihatkan (1) kualitas keterlaksanaan pembelajaran memperoleh nilai sebesar 92,39%, (2) persentase aktivitas peserta didik yang relevan lebih tinggi sebesar 92,23% dari kedua pertemuan daripada aktivitas yang tidak relevan, (3) hasil belajar ranah pengetahuan pada postes memperoleh rata-rata skor sebesar 78,28 dan memperoleh ketuntasan klasikal sebesar 92,48%, dan hasil belajar ranah keterampilan memperoleh rata-rata skor keterampilan sebesar 82,24 dan mencapai ketuntasan klasikal dalam proses keterampilan berpikir tingkat tingi sebesar 93,33%.
Kata kunci:Keterampilan berpikir tingkat tinggi, Inkuiri terbimbing, Kesetimbangan kimia
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
The license terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) requires attribution to the original creator, permits non-commercial use, and does not allow for the application of legal or technological restrictions on others' use.

