Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Laju Reaksi Kelas XI

  • DIAN RESITA FEBRIANI
  • ISMONO ISMONO Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian dilakukan dengan tujuan mendekripsikan keterlaksanaan pembelajaran dan keterampilan peserta didik dalam berpikir kritis pada materi laju reaksi dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Pada penelitian digunakan jenis penelitian yaitu pra-eksperimen serta one group pretest posttest design sebagai desain penelitian. Penelitian ini memiliki sasaran yaitu 36 peserta didik kelas XI. Silabus, RPP, LKPD, lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran dan lembar soal pretest dan posttest keterampilan berpikir kritis merupakan perangkat dan instrumen yang digunakan. Simpulan dari penelitian ini antara lain: (1) persentase keterlaksanaan pada pertemuan 1 sebesar 91,96% dan pada pertemuan 2 sebesar 98,21% dalam kategori sangat baik. (2) keterampilan berpikir kritis mengalami peningkatan ditunjukkan dengan rata-rata N-gain score pada komponen interpretasi sebesar 0,75 atau dalam kategori tinggi, serta perolehan N-gain score pada komponen eksplanasi sebesar 0,67 atau dalam kategori sedang.

Kata kunci: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Berpikir Kritis, Laju Reaksi





Published
2020-05-02
Section
Articles
Abstract Views: 184
PDF Downloads: 219