IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA

  • AINUN FARIKAINI Universitas Negeri Surabaya
  • BERTHA YONATA Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan penelitian yaitu untuk menjabarkan keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI), perolehan aktivitas dari peserta didik selama pembelajaran, keterampilan berpikir kritis setelah dilatih, pengetahuan konsep/materi yang dipelajari serta kompetensi sosial aspek bertanya dan berpendapat. Penelitian diterapkan kepada 36 peserta didik dalam satu kelas. Jenis penelitian ini yaitu pre experimental design melalui One Group Pretest Posttest Design. Hasil dari penelitian menjelaskan bahwa (1) Kualitas model pembelajaran kooperatif tipe TAI yang dilaksanakan memperoleh rata-rata sebesar 80,24% di pertemuan ke-I, 90,32% di pertemuan ke-II dan 97,77% di pertemuan ke-III; (2) Selama pembelajaran aktivitas relevan peserta didik lebih tinggi dari aktivitas tidak relevan; (3) Keterampilan dalam bepikir kritis meningkat dibuktikan dari rata-rata nilai N-gain pada indikator interpretasi sejumlah 0,81 (tinggi), inferensi sejumlah 0,87 (tinggi), analisis sejumlah 0,89 (tinggi) dan eksplanasi sejumlah 0,89 (tinggi); (4) Pengetahuan konsep/materi peserta didik didapatkan ketuntasan klasikal sejumlah 94,44%; (5) Kompetensi sosial aspek bertanya mengalami peningkatan dalam hal jumlah pertanyaan secara berturut-turut 55, 67, 83 dan peningkatan pada aspek berpendapat dalam hal jumlah pendapat secara berturut-turut 41, 61 dan 78 selama tiga pertemuan.

Kata kunci: kooperatif tipe TAI, keterampilan berpikir kritis, kesetimbangan kimia.

Published
2020-05-02
Section
Articles
Abstract Views: 112
PDF Downloads: 128