VALIDITAS TEORITIS LKPD UNTUK MEREDUKSI MISKONSEPSI PADA MATERI STOIKIOMETRI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ECIRR UNTUK KELAS X SMA

  • CRISLIA ARDITH WULANDARI ISMONO
  • RUSMINI RUSMINI Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Miskonsepsi merupakan permasalahan yang dapat menimbulkan kesulitan dalam memahami materi kimia pada peserta didik. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui validitas teoritis Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan model pembelajaran ECIRR untuk mereduksi miskonsepsi pada materi stoikiometri. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Research and Development (R&D) dengan dua langkah yaitu (1) Preliminary Research dan (2) Development and Prototyping Stage. Validitas LKPD diperoleh dari hasil validasi tiga validator ahli pada bidang kimia. Hasil penelitian yang telah dilakukan sebagai berikut: validitas ditinjau dari validitas isi dan validitas konstruk memperoleh persentase berturut-turut yaitu sebesar 87,9%, dan 88,9% Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan LKPD dengan model pembelajaran ECIRR dapat dinyatakan valid secara validitas teoritis.
Kata kunci: ECIRR, LKPD, miskonsepsi, validitas teoritis

Published
2020-05-30
Section
Articles
Abstract Views: 318
PDF Downloads: 336