VALIDITAS PERMAINAN CHEMISTRY ADVENTURE BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IKATAN KIMIA

  • VALDO AYONA Universitas Negeri Surabaya
  • RUSLY HIDAYAH Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas permainan Chemistry Adventure berbasis android sebagai media pembelajaran materi Ikatan Kimia di MA Negeri 2 Mojokerto. Dalam penelitian ini yang akan dibahas yakni validitas permainan Chemistry Adventure berbasis android sebagai media pembelajaran materi Ikatan Kimia yang ditinjau dari Validitas isi dan validitas konstruk yang didapatkan dari hasil validasi 3 ahli media dan materi kimia yakni 2 dosen kimia Universitas Negeri Surabaya serta 1 guru MA Negeri 2 Mojokerto. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan yang dilakukan sampai validasi oleh para ahli media dan materi kimia. Data yang sudah divalidasi oleh para ahli media dan materi kimia mempunyai penilaian persentase validitas isi yakni 90% dengan kategori sangat valid, validitas konstruk yakni 92,5% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa permainan Chemistry Adventure yang dikembangkan valid digunakan sebagai media pembelajaran.

Kata Kunci: Chemistry Adventure, Permainan, Ikatan Kimia

 

Published
2020-05-31
How to Cite
AYONA, V., & HIDAYAH, R. (2020). VALIDITAS PERMAINAN CHEMISTRY ADVENTURE BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IKATAN KIMIA. UNESA Journal of Chemical Education, 9(2), 245-252. https://doi.org/10.26740/ujced.v9n2.p245-252
Section
Articles
Abstract View: 132
PDF Download: 165