Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Asam Basa Di MA Kanjeng Sepuh Sidayu

Authors

  • LUCKY ANZANI Universitas Negeri Surabaya
  • ISMONO ISMONO Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/ujced.v9n2.p272-279

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis siswa setelah diterapkannya model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi asam basa. Penelitian ini menggunakan One-Group Pretest-Posttest Design dengan sasaran penelitian siswa kelas XI IPA-1 MA Kanjeng Sepuh Sidayu. Instrumen yang digunakan berupa lembar pengamatan keterlaksanaan sintaks, lembar tes keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar. Hasil penelitian diperoleh data: (1) Model pembelajaran inkuiri terbimbing pada setiap pertemuan terlaksana sangat baik dengan presentase pertemuan satu, dua, dan tiga berturut-turut sebesar 85,2%, 89,6%, dan 91,6% . (2) Keterampilan berpikir kritis berhasil dilatihkan dengan tuntasnya seluruh siswa dan adanya peningkatan nilai posttest dengan rata-rata nilai n-gain sebesar 0,82 dengan kategori tinggi. (3) Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata hasil dari pretest ke posttest dari 44,05 menjadi 91,43 dan presentase ketuntasan klasikal juga meningkat yakni dari 0% menjadi 96,43%.

Kata Kunci: inkuiri terbimbing, keterampilan berpikir kritis, asam basa

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-05-31

Issue

Section

Articles
Abstract views: 98 , PDF Downloads: 158