Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Asam Basa Di MA Kanjeng Sepuh Sidayu
DOI:
https://doi.org/10.26740/ujced.v9n2.p272-279Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis siswa setelah diterapkannya model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi asam basa. Penelitian ini menggunakan One-Group Pretest-Posttest Design dengan sasaran penelitian siswa kelas XI IPA-1 MA Kanjeng Sepuh Sidayu. Instrumen yang digunakan berupa lembar pengamatan keterlaksanaan sintaks, lembar tes keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar. Hasil penelitian diperoleh data: (1) Model pembelajaran inkuiri terbimbing pada setiap pertemuan terlaksana sangat baik dengan presentase pertemuan satu, dua, dan tiga berturut-turut sebesar 85,2%, 89,6%, dan 91,6% . (2) Keterampilan berpikir kritis berhasil dilatihkan dengan tuntasnya seluruh siswa dan adanya peningkatan nilai posttest dengan rata-rata nilai n-gain sebesar 0,82 dengan kategori tinggi. (3) Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata hasil dari pretest ke posttest dari 44,05 menjadi 91,43 dan presentase ketuntasan klasikal juga meningkat yakni dari 0% menjadi 96,43%.
Kata Kunci: inkuiri terbimbing, keterampilan berpikir kritis, asam basa
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
The license terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) requires attribution to the original creator, permits non-commercial use, and does not allow for the application of legal or technological restrictions on others' use.
Abstract views: 98
,
PDF Downloads: 158









