PENERAPAN PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FAKTOR-FAKTOR PENENTU LAJU REAKSI

  • DIAH JATI KUSUMA Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran serta mendeskripsikan hasil belajar siswa melalui pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi pokok faktor-faktor penentu laju reaksi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan one group pretest-posttest design. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Muhammadiyah 4 Surabaya tahun ajaran 2016-2017. Instrumen yang digunakan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran adalah lembar keterlaksanaan pembelajaran dengan metode pengamatan dan mendeskripsikan hasil belajar siswa adalah lembar pretest dan posttest dengan metode tes. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan pengajaran inkuiri terbimbing dalam materi faktor-faktor penentu laju reaksi, keterlaksanaan pembelajaran pada pertemuan pertama (faktor konsentrasi dan luas permukaan) dan pertemuan kedua (faktor suhu dan katalis) memiliki rata-rata secara berurutan yaitu 84,30% dan 89,80% yang keduanya berkategori sangat baik. Hasil belajar siswa sebelum diterapkan pembelajaran inkuiri terbimbing belum dikatakan baik dengan ketuntasan klasikal <75%, dan dikatakan baik dengan ketuntasan klasikal 96% setelah diterapkan pembelajaran inkuiri terbimbing. Peningkatan hasil belajar siswa dengan uji gain telah terpenuhi dengan 44% atau 11 siswa di gain kategori sedang dan 56% atau 14 siswa di gain kategori tinggi.

Kata kunci: Hasil Belajar, Inkuiri Terbimbing, Laju Reaksi

Published
2017-02-14
Abstract Views: 122
PDF Downloads: 121