PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI POKOK LAJU REAKSI KELAS XI DI SMA NEGERI 1 MANYAR GRESIK (IMPLEMENTATION OF PROBLEM BASED LEARNING FOR CRITICAL THINKING SKILL ON REACTION RATES C

  • ADELIA MEDAH CARISMA Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dan hasil belajar setelah penerapan model pembelajaran berbasis masalah. Desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Rata-rata keterlaksanaan model pembelajaran berdasar masalah pada pertemuan I sebesar 82,16% dan 86,52% pada pertemuan II dengan kriteria baik sekali; (2a) Keterampilan berpikir kritis yang dilatihkan kepada siswa yaitu, pada komponen interpretasi 100% siswa berhasil memperoleh skor ≥3, 93,8% memiliki nilai gain skor dengan kriteria tinggi dan 6,3% dengan kriteria sedang. Pada komponen analisis 68,8% siswa berhasil memperoleh skor ≥3, 34,4% memiliki nilai gain skor dengan kriteria tinggi dan 62,5% dengan kriteria sedang. Pada komponen evaluasi 90,6% siswa berhasil memperoleh skor ≥3, 75% memiliki nilai gain skor dengan kriteria tinggi dan 21,9% dengan kriteria sedang. Dan pada komponen inferensi 100% siswa berhasil memperoleh skor ≥3, 97% memiliki nilai gain skor dengan kriteria tinggi dan 3% dengan kriteria sedang; (2b) Hasil belajar pengetahuan sebesar 87,5% siswa sudah tuntas, 43,8% memiliki nilai gain skor dengan kriteria tinggi dan 56,2% dengan kriteria sedang.

Kata kunci: Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Keterampilan Berpikir

       Kritis, Laju Reaksi

 

Abstract

The aim of this research is to determine the enforceability of learning and study resultsafter the application of problem-based learning model. This research design is One group pretest-posttest design. The results showed that: (1) The average enforceability of problem-based learning model in the first meeting is 82.16% and 86.52% in the second meeting with excellent criteria; (2a) Critical thinking skills that trained to students, which on the interpretation components 100% students successfully received ≥ 3 grades, 93,8%students had high criteria and6,3% students had average criteria. In analysis component 68,8%students successfully received ≥ 3 grades. 34,4%students had high criteria and 62,5% students had average criteria. In the evaluation component, 90,6%students successfully received ≥ 3 grades, 75%students had high criteria and 21,9% students had average criteria. And the inference component,100% students successfully received ≥3 grades,  97%students had high criteria and3% students had average criteria; (2b) The study results of students' knowledge are gained 87,5% students have been completed. 43,8%  students had high criteria and56,2%, students had average criteria.

Keywords: Problem-Based Learning Model, Critical Thinking Skills, Reaction Rates.

 

Published
2017-02-14
Abstract Views: 272
PDF Downloads: 228