REVIEW: EFEKTIVITAS LKPD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN KIMIA
DOI:
https://doi.org/10.26740/ujced.v10n3.p222-232Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas LKPD dalam meningkatkan keterampilan literasi sains peserta didik pada pembelajaran kimia berdasarkan data hasil penelitian-penelitian sebelumnya. Keterampilan literasi sains yakni wawasan dan kecakapan ilmiah untuk mengidentifikasi pertanyaan, menangkap wawasan baru, mendeskripsikan kejadian ilmiah, memberi kesimpulan sesuai realitas, memahami karakter ilmu sains, sadar bahwa sains dan teknologi membangun lingkungan alam, intelektual, dan budaya, serta bersedia peduli dan berpartisipasi dalam isu-isu wawasan sains. Penelitian review ini menggunakan pendekatan systematic review dengan metode meta-analisis dengan uji paired sample dan study effect size. Penelitian dilakukan dengan menelusuri penelitian-penelitian sebelumnya yang relevan dengan topik bahasan. Kemudian data tes awal dan tes akhir keterampilan literasi sains diolah dan diuji menggunakan SPSS. Setelah dilakukan pengolahan dan analisis, didapatkan bahwa LKPD efektif untuk meningkatkan keterampilan literasi sains peserta didik pada pembelajaran kimia. Hal tersebut dibuktikan dengan peningkatan rata-rata nilai tes keterampilan literasi sains sebesar 38,409% dan didukung dengan nilai effect size sebesar 3,1981% yang termasuk dalam kategori kuat.
Kata kunci: literasi sains, LKPD, literasi kimia, systematic review
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
The license terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) requires attribution to the original creator, permits non-commercial use, and does not allow for the application of legal or technological restrictions on others' use.

